5 Mei 2021 Hari Bidan Internasional & Hari Bangga Buatan Indonesia

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 4 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
Hari Bidan Internasional dan Hari Bangga Buatan Indonesia akan diperingati 5 Mei.
tirto.id - Tanggal 5 Mei 2021 memperingati dua peristiwa sekaligus, yaitu Hari Bidan Internasional dan Hari Bangga Buatan Indonesia yang baru saja ditetapkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Kementerian Perdagangan.

"Penyelenggaraan Hari BBI secara daring diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan selama Bulan Suci Ramadan dan jelang Hari Raya Idul Fitri. Dengan berbelanja secara daring, diharapkan juga mobilitas masyarakat dapat semakin berkurang," kata Menteri Kominfo, Johnny G. Plate.

Kedua kementerian dan Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) baru saja menandatangani nota kesepahaman untuk Hari Bangga Buatan Indonesia, yang akan didukung 72 platform dagang elektronik pada 5 Mei.

Kesepakatan bersama ini berisi antara lain dukungan platform digital untuk Hari Bangga Buatan Indonesia 2021, pemberian fasilitas bebas biaya pengiriman sampai jumlah tertentu oleh platform dagang elektronik dan penyampaia laporan penyelenggaraan Hari Bangga Buatan Indonesia 2021 dari platform dagang ke pemerintah.

Hari Bangga Buatan Indonesia 2021 mengusung tema "Semakin Bangga Buatan Indonesia", mendorong pertumbuhan ekonomi sekaligus menumbukan kebanggan menggunakan produk buatan Indonesia.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi pada acara yang sama bahkan mengajak masyarakat menggunakan produk lokal pada 5 Mei.

"Kecintaan dan kebanggaan tersebut perlu diwujudkan dalam sebuah tindakan nyata, dan bentuk yang paling sederhana dari wujud kecintaan terhadap Indonesia adalah dengan membeli dan menggunakan produk-produk buatan dalam negeri. Semoga belanja daring di Hari BBI 2021 turut membantu menggerakkan perekonomian nasional," kata Lutfi.

Promosi Hari Bangga Buatan Indonesia di platform dagang online akan berlangsung pada 5-13 Mei, antara lain berupa program gratis ongkos kirim.

Ketua idEA Bima Laga menyatakan saat ini produk buatan usaha mikro, kecil dan menengah yang sedang berkembang adalah pakaian, makanan dan kerajinan.

Selain mendorong perekonomian nasional, Hari Bangga Buatan Indonesia juga diharapkan bisa mendukung percepatan transformasi digital nasional, yaitu penggunaan platform dagang elektronik untuk memfasilitasi pelaku usaha lokal akan mendorong kemandirian dan kedaulatan digital.

Hari Bidan Internasional 2021


Selain Hari Bangga Buatan Indonesia (BBI), 5 Mei juga memperingati Hari Bidan Internasional 2021. Penetapan tanggal 5 Mei sebagai Hari Bidan Sedunia sudah dimulai sejak tahun 80-an, tetapi secara formal diresmikan pada tahun 1992.

Salah satu tujuan diperingatinya Hari Bidan Sedunia ini adalah untuk mengkampanyekan peran penting bidan dalam kehidupan manusia terutama yang berhubungan dengan persalinan dan juga kesehatan reproduksi.

Hari Bidan Sedunia juga dimanfaatkan sebagai tolak ukur peningkatan kualitas bidan yang ada saat ini di mana bidan memiliki peran yang sangat penting tidak hanya untuk wanita yang hamil tetapi juga seluruh masyarakat.

Dilansir situs web Kementerian Kesehatan RI, bidan tidak hanya punya peran yang sangat krusial untuk memeriksa, membantu merawat, dan juga membantu persalinan untuk wanita hamil.

Bidan juga berperan dalam meningkatkan derajat wanita, seperti melalui pelayanan kontrasepsi, memberikan imunisasi kepada bayi, dan menurunkan angka kematian ibu (AKI).

Pemenuhan kebutuhan bidan di Indonesia dapat dilakukan dengan membuka dan memberikan izin perguruan tinggi dengan jurusan kebidanan yang berkualitas.

Menurut Days of The Year, sejarah kebidanan kembali ke zaman prasejarah. Bidan adalah mereka yang mempelajari proses persalinan dan berperan penting dalam melestarikan kehidupan selanjutnya.


Baca juga artikel terkait HARI BIDAN INTERNASIONAL 2021 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight