5 Cara Hentikan Kebiasaan Makan dan Ngemil Ketika Stres

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 12 Mei 2020
Dibaca Normal 2 menit
Cara menghentikan kebiasaan makan saat stres: jalan-jalan hingga car kesibukan selain memikirkan makanan.
tirto.id - Stres bisa terjadi pada siapa saja, alasan seseorang merasa stres biasanya karena dipicu oleh tekanan batin, seperti masalah keluarga, pekerjaan, masalah percintaan, dan masalah keuangan. Selain itu, stres juga bisa dipicu oleh penyakit yang diderita.

Banyak cara yang dilakukan untuk menghilangkan perasaan stres, salah satunya dengan mengalihkan pada makanan dan camilan, padahal cara ini justru bisa membuat orang jadi tidak sehat.

Menurut Healthline, orang-orang cenderung makan makanan manis dan bermutu rendah ketika mereka sedang stres.

Jenis makanan ini sebenarnya mengurangi kadar hormon kortisol dalam aliran darah di tubuh, sehingga hanya menghilangkan stres sementara dan itu membuat orang mencari makanan lagi ketika sedang berada di bawah tekanan.

Sebelum muncul perasaan bersalah pada diri sendiri yang membuat rasa cemas, dan memicu stres kembali, berikut ini beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menghentikan kebiasaan makan ketika stres seperti dilansir Mens Health,:

1. Jalan-jalan atau lari-lari kecil

Ketika keinginan untuk makan datang karena stres, merasa bosan, kesedihan, atau emosi lainnya, cobalah bangkit dari tempat duduk dan berjalan-jalan atau berlari-lari kecil.

"Latihan melepaskan endorfin dapat merangsang relaksasi,. Dan jika Anda bisa keluar, udara segar juga merupakan peredam stres alami," kata Jessica Fishman Levinson, pakar nutrisi kuliner.

Menurut sebuah penelitian di Austria, dengan berjalan selama 15 menit saja dapat mengurangi keinginan untuk makan makanan ringan dan manis, Cara itu bisa membantu menghilangkan stres itu sendiri.



2. Cari kesibukan selain memikirkan makan.

"Makan tidak pernah menyelesaikan masalah yang membuat Anda stres di tempat pertama," kata Deborah Beck Busis, Direktur Program Beck Diet di wilayah Philadelphia.

Meski begitu, stres bisa dilawan dengan memutuskan apa yang akan dilakukan sebagai gantinya daripada hanya memikirkan makanan. Terkadang ketika stres, hanya perlu mengeluarkan energi ekstra untuk memikirkan yang lainnya selain makanan.

Buatlah beberapa daftar tentang apa yang akan dilakukan ketika ingin meraih makanan. Jika perlu mengeluarkan energi, bangun dan berjalanlah.

Beberapa contoh seperti melihat ulang gambar liburan terakhir, dan bermain dengan anak-anak atau hewan peliharaan. Putuskan apa yang bisa dilakukan, sehingga keinginan untuk ngemil atau makan bissa teralihkan.

3. Pilih camilan sehat untuk di rumah

Jika termasuk tipe orang yang cenderung makan dalam menanggapi stres, pastikan agar memiliki beberapa makanan dan camilan yang rendah kalori, seperti wortel, irisan apel, atau seledri.

Kemudian pertimbangkan untuk menambahkan beberapa protein dalam bentuk mentega kacang untuk meningkatkan rasa kenyang.

"Jika Anda lebih suka suguhan manis, campur sesuatu yang manis dengan sesuatu yang kaya protein (pikirkan keju dengan campuran madu dan sedikit kayu manis). Dengan begitu Anda akan mendapatkan rasa manis yang dikirimkan protein ke otak untuk membuat Anda berhenti makan," kata Profesor ilmu gizi di Drexel University, Jennifer Nasser.

4. Buat rencana untuk memanjakan diri

Sesekali buat jadwal dan rencana yang benar-benar bisa membuat pikiran rileks dan nikmati hal itu. Contohnya makan sepotong cokelat, atau semangkuk kecil es krim favorit ketika berhasil dengan sebuah pekerjaan.

"Apa pun itu, rencanakan untuk memanjakan diri sendiri sekali atau dua kali seminggu. Pergilah untuk hal-hal yang benar-benar memuaskan Anda," ujar Wendy Bazilian, penulis buku Eat Clean, Stay Lean.

5. Selalu sediakan kayu manis

Sediakan selalu serbuk kayu manis di rumah. Saat hasrat untuk makan makanan manis datang ketika stres melanda, maka ganti gula dengan kayu manis di minuman atau makanan yang ingin dimakan.

Kayu manis telah terbukti secara klinis membantu menjaga kadar insulin tetap terkendali, dan bisa meredam keinginan makan serta lapar yang berlebihan.


Baca juga artikel terkait CARA HENTIKAN KEBIASAAN MAKAN SAAT STRES atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight