5 Cara Alami Agar Rambut Tetap Sehat dan Cepat Panjang

Oleh: Ninda Fitria - 3 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Cara yang bisa dilakukan untuk membuat rambut tetap sehat dan cepat panjang, mulai dari sering melakukan trim rambut hingga memberi nutrisi yang tepat.
tirto.id - Memiliki rambut panjang, sehat, dan terawat merupakan impian banyak orang terutama kaum wanita. Tak heran apabila banyak wanita yang rela melakukan perawatan mahal untuk rambutnya.

Salah satu keuntungan memiliki rambut panjang yakni, tidak akan kehabisan ide gaya rambut. Selain itu, tidak dipungkiri banyak orang menyebut wanita terlihat lebih anggun dengan rambut panjangnya.

Namun, untuk mendapatkan rambut yang cepat panjang dan sehat bisa dilakukan dengan 5 cara berikut seperti dilansir dari web good house keeping

1. Sering lakukan trim rambut

Meskipun tampaknya berlawanan dengan logika, memangkas rambut sambil menumbuhkannya justru akan mendorong pertumbuhan rambut dengan menghilangkan ujung yang rusak, patah, atau terbelah.

Meskipun tidak perlu melakukan trim setiap enam hingga delapan minggu, setidaknya kunjungi salon setiap tiga bulan.

2. Hindari menggunakan alat pelurus/pengeriting rambut

Salah satu bahaya catok rambut paling umum adalah seluruh helai rambut menjadi kering parah. Catok rambut akan membuat lapisan pada batang rambut semakin merekah dan pecah.

Selain itu, rambut akan kehilangan kelembaban alaminya. Hal ini ditandai dengan mulai terlihatnya kusam dan keriting pada rambut jika tidak menggunakan catokan.

3. Jangan keramas setiap hari

Terlalu sering mencuci rambut akan mengakibatkan hilangnya minyak alami rambut. Hasilnya, rambut akan menjadi kering dan pertumbuhannya menjadi terganggu. Keramas cukup dilakukan 2-3 hari sekali.

4. Gunakan kondisioner dan vitamin rambut

Menggunakan kondisioner setelah keramas penting dilakukan karena bisa memperkuat rambut dan menghindari rambut bercabang.

Pengaplikasiannya cukup diusapkan pada ujung rambut saja jangan sampai terkena kulit kepala, sebab kondisioner bisa membuat kulit kepala susah bernapas dan menyebabkan kerontokan rambut.

5. Asupan nutrisi yang tepat

Selain perawatan dari luar, pertumbuhan rambut juga dipengaruhi oleh pola makan. Mengonsumsi banyak protein, vitamin A dan B sangat disarankan untuk membantu pertumbuhan rambut.

Dilansir dari Style Caster, beberapa jenis makanan yang bisa membantu mempercepat pertumbuhan rambut di antaranya adalah salmon, paprika kuning, tiram, telur, biji bunga matahari, ubi jalar, buah alpukat, kacang almond, dan bayam.


Baca juga artikel terkait RAMBUT atau tulisan menarik lainnya Ninda Fitria
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Ninda Fitria
Penulis: Ninda Fitria
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight