5 Alat yang Diperlukan untuk Menjadi Vlogger Pemula

Penulis: Yandri Daniel Damaledo, tirto.id - 11 Sep 2020 13:14 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini 5 alat yang perlu dimiliki oleh seorang vlogger pemula, dari kamera hingga lighting.
tirto.id - Saat ini media sosial telah menjadi wadah untuk berekspresi dan menyalurkan kreativitas, dengan membuat konten-konten menarik.

Selain itu, jika dimanfaatkan dengan baik, media sosial juga bisa mendatangkan uang lewat konten-konten bermanfaat yang dibuat.

Selama masa pandemi, tidak ada salahnya Anda mengisi waktu luang dengan membuat konten atau menjadi seorang vlogger.

Berikut ini beberapa peralatan yang dibutuhkan bagi sorang vlogger pemula, sebagaimana dilansir dari laman Tokopedia.

1. Kamera

Untuk bisa membuat vlog yang berkualitas, Anda tentunya membutuhkan sebuah kamera. Untuk langkah praktis, Anda bisa memanfaatkan kamera smartphone.

Selain kamera smartphone, jika untuk merekam di luar ruangan, sebaiknya gunakan action cam untuk hasil yang lebih stabil.

Jika memiliki budget lebih, Anda bisa membeli kamera khusus seperti DSLR yang sudah pasti memiliki mata lensa yang lebih baik. Sesuaikan kebutuhan dengan budget yang dimiliki.

2. Tripod

Setelah memiliki kamera, Anda membutuhkan tripod. Penggunaan tripod bisa membantu pengambilan gambar menjadi lebih stabil.

Untuk yang membuat travel vlog, food vlog, atau video lainnya yang berada di ruang publik, perlu dipertimbangkan juga ukuran dan fleksibilitas tripod yang dimiliki.

3. Mikrofon

Selain visual, komponen penting untuk menghasilkan video vlog yang baik adalah audio. Untuk itu, gagdet wajib Vlogger pemula selanjutnya adalah mikrofon. Kehadiran mikrofon bisa membantu membuat suara terdengar lebih jernih dan jelas pada video.

Selain itu mikrofon juga membantu memfokuskan dan menyaring audio sehingga suara-suara latar yang bisa mengganggu tidak masuk ke dalam video vlog.

4. Komputer atau Laptop

Setelah gambar dan suara terekam dengan sempurna di kamera, tahapan selanjutnya sebelum video vlog dipublikasikan adalah editing. Untuk meng-edit video, Anda tentu memerlukan laptop atau komputer.

Pilihlah laptop dan komputer yang memiliki spesifikasi cukup agar proses editing dan rendering video berjalan dengan baik. Setelah itu, install aplikasi yang mendukung proses editing.

5. Lighting

Untuk merekam vlog pada ruangan minim cahaya, Anda memerlukan pengcahayaan atau lighting agar video yang terekam memiliki kualitas sesuai standar.

Sediakan flash atau aksesoris lighting untuk kamera lainnya untuk memaksimalkan pencahayaan saat pengambilan video. Dengan video yang baik, tentu akan lebih mudah untuk menggaet penonton.


Baca juga artikel terkait 5 ALAT UNTUK MENJADI VLOGGER PEMULA atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH

DarkLight