4 Siswa SMPN 1 Turi Sleman Tewas Terseret Banjir Saat Susur Sungai

Oleh: Zakki Amali - 21 Februari 2020
Banjir terjadi secara tiba-tiba di Sungai Sempor, tempat siswa SMPN 1 Turi berkegiatan.
tirto.id - Enam siswa SMPN 1 Turi hanyut di aliran Sungai Sempor, Desa Donokerto, Turi, Sleman, DIY, Jumat (21/2/2020). Empat di antaranya meninggal dunia. Dua siswa tewas telah teridentifikasi bernama Nur Azizah dan Arisma.

Hal tersebut disampaikan Agus Wibowo, kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB, Jumat (21/2/2020).

Agus memaparkan kronologi peristiwa. Menurut dia, beberapa murid saat itu sedang melakukan penyusuran sungai hanyut ketika arus sungai yang deras di Sungai Sempor.

Mereka yang tergabung dalam kegiatan pramuka merupakan kelas 7 dan 8 dari SMP Negeri 1 Turi. Sebanyak 257 orang mengikuti kegiatan penyusuran Sungai Sempor tanpa melihat kondisi cuaca.

"Ketika para murid melakukan penyusuran, tiba-tiba terjadi banjir dengan arus deras yang akhirnya menghanyut beberapa murid," kata Agus.

Namun demikian, kata dia, saat ini kondisi masih simpang siur terkait dengan data jumlah murid yang mengalami insiden.

"Murid hanyut yang sudah ditemukan berjumlah 6 orang. Empat orang diketemukan meninggal dunia, dua di antaranya sudah teridentifikasi atas nama Nur Azizah dan Arisma," imbuh Agus.

Saat ini tim gabungan dari SAR dan Polres Sleman masih melakukan pencarian korban hanyut. Pihak BPBD dan TNI turut membantu dalam penanganan darurat. Setelah ada siswa hanyut, kegiatan tersebut langsung dihentikan.


Baca juga artikel terkait BENCANA BANJIR atau tulisan menarik lainnya Zakki Amali
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Zakki Amali
Editor: Abdul Aziz
DarkLight