4 Pedagang Positif COVID-19, Pasar Kopro Petamburan Jakbar Ditutup

Reporter: - 29 Juni 2020
Penutupan Pasar Kopro Petamburan selama tiga hari sejak 29 Juni-1 Juli 2020.
tirto.id - Empat dari 135 pedagang pasar positif COVID-19. Mereka adalah pedagang Pasar Tomang Barat atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pasar Kopro di Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Menurut Camat Grogol Petamburan, Didit Sumaryanta, imbas papara virus Corona ke pedagang adalah penutupan pasar hingga Rabu, 1 Juli 2020.

"Mulai hari ini ditutup sampai tiga hari ke depan," kata Didit Sumaryanta di Jakarta, Senin (29/6/2020), melansir Antara.

Saat ini, pihaknya berkoordinasi dengan PD Pasar Jaya untuk mengondusifkan kawasan Pasar Kopro agar tak terjadi penularan COVID-19.

Selama tiga hari, seluruh kawasan Pasar Kopro akan disemprot cairan disinfektan.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Kesehatan Jakarta Barat Kristi Wathini mengatakan terdapat empat pedagang yang dinyatakan positif berdasarkan tes usap.

"Iya mau didisinfektan, empat pedagang (positif) dari 135 orang yang diperiksa," kata Kristi.

Pengelola Pasar Kopro telah mengadakan tes usap massal pada 16 Juni 2020. Sebanyak 155 sampel dari pedagang dan pengelola pasar diperiksa untuk mendeteksi adanya kasus positif COVID-19.

Kasus positif di Pasar Kopro menambah daftar panjang pedagang terkena Corona. Berdasar data Ikatan Pedagang Pasar Tradisional (IKAPPI) ada 768 orang perdagang yang terinfeksi penyakit corona hingga 26 Juni 2020. Di antaranya, ada 32 pedagang meninggal akibat COVID-19.


Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Editor: Zakki Amali
DarkLight