4 Langkah yang Benar Dalam Merawat Brush Make Up

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 1 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Untuk merawat brush make up agar tetap lembut dan bersih Anda bisa mencampurkan sampo bayi dengan minyak zaitun.
tirto.id - Brush menjadi salah satu alat make up yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas Anda dalam merias wajah. Namun Anda tentu harus memastikan kebersihan brush make up yang Anda gunakan. Sebab brush yang tidak dicuci dapat mengandung bakteri penyebab jerawat. Selain itu bekas blush on yang menempel dan menumpuk pada brush make up juga dapat merusak brush tersebut. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk merawat brush make up,

Cuci brush make up dengan sampo bayi

Seperti dilansir dari Cosmopolitan Anda harus memilih pembersih yang tepat agar tidak merusak brush Anda. Banyak merek menjual produk yang dirancang khusus untuk membersihkan brush make up. Tetapi untuk mendapat hasil yang terbaik dan tidak merusak brush ada baiknya Anda menggunakan sampo bayi yang lembut.

Caranya, cukup tuangkan sedikit sabun ke tangan Anda, piring, atau tempat lain, lalu putar perlahan brush yang sudah basah, lalu membilas dan mencelupkan kembali hingga bulu brush benar-benar bersih.

Sebaiknya Anda tidak mengisi wastafel dengan air dan merendam brush tersebut sebab air tidak hanya akan membengkokkan kayu dari waktu ke waktu, tetapi juga akan meresap ke dasar bulu dan melonggarkan lem.

Jika Anda menemukan bahwa riasan Anda atau sisa blush on menempel dan tersangkut di bagian tengah sikat yang sulit dijangkau, jangan menggosoknya. Sebeb dengan menggosoknya Anda akan merusak bentuk brush. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan sisir untuk membersihkan bagian dalam brush.

Cara agar brush make up tetap lembut

Sama seperti rambut di kepala Anda, rambut di brush make up Anda perlu sedikit pengkondisian untuk menjaga agar bulu brush tetap lembut. Mencampurkan sedikit minyak zaitun dengan sampo dapat membuat brush make up Anda tetap lembut. Pastikan untuk membilas minyak dan sabun sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Cara agar brush tetap berbentuk rapi dan kencang

Gunakan jari-jari Anda untuk "membersihkan rambut" dan menghilangkan air berlebih pada brush make up. Setelah mencuci dan memeras brush, Anda harus membentuknya kembali sebelum mengeringkannya. Bungkus ujung brush dengan pelindung yang memungkinkan aliran udara dengan tetap menjaga bulu-bulu itu tetap kencang dan berbentuk.

Cara mengeringkan brush yang efektif

Untuk membantu brush mengering dengan sempurna, lipat satu ujung handuk Anda beberapa kali untuk membuat sedikit miring, lalu letakkan sikat secara rata di atas handuk dengan gagang naik di tepi terlipat, sehingga air mengalir keluar dan turun, sebagai gantinya dari dan naik ke arah lem.

Berikan brush Anda beberapa jam hingga kering, atau biarkan semalaman. Setelah benar-benar kering, gerakkan bulu-bulu di atas tangan Anda untuk melonggarkan bentuk dengan lembut sampai sikat Anda terlihat baru sekali.


Baca juga artikel terkait KECANTIKAN atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight