4 Kategori Oscar 2019 Akan Dibacakan Off Air Demi Efisiensi Waktu

Oleh: Alifa Justisia - 12 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Empat kategori yang dibacakan off air itu yaitu, cinematography (sinematografi), film editing (penyuntingan film), makeup and hairstyling (tata rias dan rambut), dan live-action short (film pendek).
tirto.id - The Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS) mengumumkan pada Senin (11/2/2019) empat kategori Oscar akan dibacakan selama jeda iklan untuk efisiensi waktu agar pertunjukan berjalan selama tiga jam.

Empat kategori yang dibacakan off air itu, sebagaimana diwartakan USA Today yaitu, cinematography (sinematografi), film editing (penyuntingan film), makeup and hairstyling (tata rias dan rambut), dan live-action short (film pendek).

Pidato para pemenang akan disiarkan kemudian secara live, live-streaming di Oscar.com dan akun media sosial Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS).

Presiden Academy, John Bailey mengatakan dalam sebuah catatan kepada para anggota, komite eksekutif dari enam cabang penghargaan memilih ikut "mempersingkat waktu pengeditan” dan dewan gubernur telah memilih empat untuk tahun ini.

"Kami berkomitmen untuk menghadirkan pertunjukan yang akan kami banggakan," kata Bailey seperti dikutip Associated Press (AP).

Rencana untuk mengumumkan beberapa kategori secara off air sudah muncul sejak Agustus 2018. Hal ini merupakan salah satu perubahan yang dilakukan untuk memerangi penurunan peringkat Oscar.

Namun, tidak seperti kategori populer Oscar yang telah dipertimbangkan dengan matang, rencana pemotongan siaran ini tidak berjalan mulus.

Langkah ini dikecam oleh berbagai kalangan. Beberapa di antaranya telah menulis di Twitter dengan tagar #PresentAll24 selama berminggu-minggu.


"Keputusan ini tak ada kaitannya dengan sinema, ini semua tentang penyiaran. Ini tentang pertunjukan, yang menghibur. Tapi, itu seharusnya tidak menjadi bagian dalam keputusan yang dibuat Academy Awards," ujar sutradara Roma, Alfonso Cuaron di Director Guild Awards awal bulan ini.

"The Academy Awards seharusnya tentang merayakan seniman dalam berbagai kategori yang berbeda," ujarnya.

Cuaron masuk dalam salah satu nominasi yang akan dibacakan off air, yaitu cinematography. Akan tetapi ia juga masuk dalam dua kategori lain yang akan dibacakan secara live, yaitu best director dan best picture.

Sutradara Vice Adam McKay mengatakan pada ABC News, ia kecewa oleh gagasan itu. Dia telah mendengar kabar make up and hairstylist akan menjadi salah satu kategori yang tidak dibacakan live.

McKay menganggap hal itu sebagai pukulan telak bagi orang-orang yang sudah bekerja sangat keras untuk mengubah Christian Bale menjadi Dick Cheney untuk filmnya.

"Tim sudah bekerja sangat keras," kata McKay. Film Vice juga masuk dalam nominasi film editing, yang tidak dibacakan secara langsung.

Pekan lalu di Nominees Luncheon, editor Bohemian Rhapsody, John Ottman juga menyebut perubahan itu menghina karena ia juga akan masuk dalam nominasi yang tidak dibacakan live.


Baca juga artikel terkait OSCAR 2019 atau tulisan menarik lainnya Alifa Justisia
(tirto.id - Film)


Penulis: Alifa Justisia
Editor: Dipna Videlia Putsanra