Menuju konten utama

3.616 Personel TNI-Polri Amankan Piala Dunia U-17 di Kota Solo

Salah satu stadion yang akan digunakan untuk laga Piala Dunia U-17 2023 terletak di Surakarta, Jawa Tengah, yakni Stadion Manahan.

3.616 Personel TNI-Polri Amankan Piala Dunia U-17 di Kota Solo
Warga berdiri di depan dekorasi instalasi bertema Piala Dunia U-17 di kawasan Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Rabu (8/11/2023). Instalasi tersebut dipasang untuk menyambut dan memeriahkan Piala Dunia U-17 Indonesia di Stadion Manahan yang menjadi venue pertandingan babak kualifikasi grup B, babak 16 besar, perempat final, semi final, dan final. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/aww.

tirto.id - Polda Jawa Tengah mengerahkan 3.616 personel gabungan untuk mengamankan jalannya laga sepak bola Piala Dunia U-17 2023 di Kota Surakarta, Jawa Tengah pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Salah satu stadion yang akan digunakan untuk laga Piala Dunia U-17 2023 terletak di Surakarta, Jawa Tengah, yakni Stadion Manahan.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi mengatakan ribuan personel yang dikerahkan merupakan anggota gabungan dari TNI-Polri. Pengamanan dilakukan di sejumlah tempat, salah satunya adalah Stadion Manahan.

"Pengamanan bersifat menyeluruh, baik tempat latihan, stadion, penonton, pemain hingga penginapan masing-masing negara peserta," jelas Luthfi dalam keterangannya, Kamis (9/11/2023).

Ia menyebutkan, sebanyak 3.616 personel yang dikerahkan telah dilatih untuk mengamankan kegiatan pertandingan Piala Dunia U-17 2023. Menurut Luthfi, ribuan personel itu siap diterjunkan untuk pengamanan. Ia pun meyakini bahwa pengamanan akan dilakukan secara humanis serta proporsional.

"Setiap petugas memahami bahwa suksesnya penugasan ini merupakan kebanggaan dan membawa nama baik bangsa Indonesia," ucap Luthfi.

Tempat pertandingan semifinal dan final Piala Dunia U-17

Pekerja menyapu di pelataran kompleks Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (25/7/2023). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/tom.

Untuk diketahui, laga Piala Dunia U-17 akan berlangsung di mulai 10 November-2 Desember 2023. Total ada 24 tim yang akan mengikuti laga Piala Dunia U-17. Sebanyak 24 tim itu akan terbagi menjadi enam grup dalam laba Piala Dunia U-17.

Sementara itu, ada empat stadion yang menjadi lokasi Piala Dunia U-17. Keempatnya, Stadion Manahan, Jakarta International Stadium (JIS) di DKI Jakarta, Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya, dan Stadion Si Jalak Harupat di Bandung.

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA U-17 2023 atau tulisan lainnya dari Muhammad Naufal

tirto.id - Hukum
Reporter: Muhammad Naufal
Penulis: Muhammad Naufal
Editor: Bayu Septianto