30 Kata Mutiara Dialog Film Indonesia di Hari Film Nasional 2023

Kontributor: Tifa Fauziah, tirto.id - 28 Mar 2023 13:35 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Ucapan Hari Film Nasional 2023 dari kutipan dialog film Indonesia.
tirto.id - Hari Film Nasional diperingati pada tanggal 30 Maret setiap tahunnya. Badan Perfilman Indonesia (BPI) memanfaatkan perayaan Hari Film Nasional (HFN) tahun 2023 ini untuk menambah kepercayaan diri atas mutu film karya dari anak bangsa.

Ketua Umum BPI Gunawan Paggaru mengatakan bahwa dalam momen peringatan HFN 2023 ini akan menyertakan berbagai gagasan yang dapat meningkatkan kualitas film buatan Indonesia.

Di sisi lain, Vivian Idris selaku Ketua Pelaksana HFN 2023 mengungkapkan bahwa HFN adalah bentuk perwujudan dari fungsi BPI yang bertindak sebagai integrator di lingkup dunia perfilman Indonesia.

HFN 2023 mengangkat tema "Bercermin Pada Masa Lalu, Merencanakan Masa Depan".

Pada tanggal 6-11 Maret 2023 lalu BPI mengadakan beberapa kegiatan bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Baru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia.

Kegiatan tersebut diadakan secara online dan offline. Selain itu, juga dapat diikuti oleh masyarakat umum.

Dalam rangkaian kegiatan HFN 2023, sekitar 50 narasumber membicarakan beberapa topik penting seperti kebijakan dan standar pendidikan film nasional, standar kerja dan optimalisasi pelaku industri film, kode etik profesi perfilman, hubungan industri, pengembangan sumber daya manusia dan komunitas film, serta tata kelola penyelenggaraan festival.

30 Kutipan Dialog dari Film Indonesia

Selain sebagai hiburan, film juga bisa menjadi sumber inspirasi. Salah satunya melalui dialog antar para tokoh.
Berikut ini 30 kutipan dialog dari beberapa film Indonesia:

1. "Manusia takkan tahu kekuatan maksimalnya sampai ia berada dalam kondisi di mana ia dipaksa kuat untuk bisa bertahan." - Mimpi Sejuta Dolar
2. "Sahabat itu walaupun punya dendam tapi tidak akan pernah berani untuk melukai sahabatnya sendiri." - Hangout
3. "Kamu gak boleh nangis karena kamu adalah salah satu alasan seseorang untuk tersenyum." - Magic Hour
4. "Ketika tuhan mengambil sesuatu dari genggamanmu, Dia tidak menghukummu. Namun hanya membuka tanganmu untuk menerima yang lebih baik." - 5 CM
5. "Ketakutan yang berlebihan itu bahaya, sama bahayanya dengan harapan yang berlebihan." - Love
6. "Kita tidak bisa menghakimi anak remaja tanpa lebih dulu memahami kehidupannya."
7. "Ternyata kalo berharap banyak kita harus siap kecewa banyak juga. Maaf ini salahku karena berharap terlalu banyak." - Cek Toko Sebelah
8. "Sekuat-kuatnya laki-laki, dia tidak akan pernah sekuat hati perempuan." - Kartini
9. "Berani merelakan kebahagiaannya adalah yang terpenting daripada merubah persahabatan yang dibangun dengan susah payah." - Sampai Ujung Dunia
10. "Kita boleh kehilangan apa saja dalam hidup, tapi satu hal yang tak boleh hilang dari dalam diri kita, rasa sabar." - Sang Kiai
11. "Kalau ngomong kebenaran itu salah, lalu yang pantas ngomong kebenaran itu siapa?" - Dibalik 98
12. "Gak semua yang kita harapkan akan terwujud dan gak semua yang kita takutkan itu akan terjadi." - Ngenest
13. “Cemburu itu hanya untuk orang yang nggak percaya diri. Dan sekarang aku sedang tidak percaya diri.” - Dilan 1990
14. "Ngapain sih mikirin omongan orang, orangnya aja gak mikirin apa yang dia omongin." - Imperfect
15. "Tuhan tidak pernah menciptakan produk gagal." - Comic 8
16. "Jangan pernah merasa gagal. Itu jalan kamu menuju menjadi seseorang yang bermanfaat bagi orang banyak." - Habibie & Ainun 3
17. "Tuhan tidak mengubah nasib suatu bangsa sebelum bangsa itu mengubah nasibnya sendiri." - G30S/PKI
18. "Jangan pernah minta maaf jika tidak benar-benar tulus." - Susah Sinyal
19. "Berita dari internet itu harus dicek dulu, nggak cuma ditelan mentah-mentah." - Tilik
20. "Tuhan mengajarkan kita untuk memilih bahagia dengan cara kita sendiri." - Ave Maryam
21. "Mari kita bersama-sama melakukan perlawanan atas ketertindasan agar semua rakyat Nusantara tidak lagi dipandang sebagai seperempat manusia." - Guru Bangsa: Tjokroaminoto
22. "Kita bukan jatuh karena sebuah batu besar. Namun kita bisa jatuh hanya dengan sebuah kerikil kecil." - Garuda di Dadaku 2
23. "Mulutmu harimaumu gak berlaku di era ini, yang pas itu social mediamu harimaumu." - Youtubers
24. "Mimpi-mimpi kamu, cita-cita kamu, keyakinan kamu, apa yang kamu mau, kejar. Biarkan dia menggantung, mengambang, 5 cm di depan kening kamu." - 5 CM
25. "Gak ada yang bisa bertanggung jawab atas kebahagiaan di hidup kita, selain diri kita sendiri." - Story of Kale
26. "Apa gunanya punya pikiran sendiri kalo lu selalu percaya sama pikiran orang?" - 3 Hari untuk Selamanya
27. "Gak enak banget rasanya kalau sesuatu yang kamu anggap besar, gak ada artinya buat orang lain." - Toko Barang Mantan
28. "Manusia yang wajar mesti punya sahabat, persahabatan tanpa pamrih. Tanpa sahabat, hidup akan terlalu sunyi." - Bumi Manusia
29. "Bermimpilah dalam hidup, jangan hidup dalam mimpi." - Laskar Pelangi
30. "Ingat, ketika kita akan berubah, tidak serta merta jalan menjadi mudah." - Preman Pensiun.


Baca juga artikel terkait AKTUAL DAN TREN atau tulisan menarik lainnya Tifa Fauziah
(tirto.id - Film)

Kontributor: Tifa Fauziah
Penulis: Tifa Fauziah
Editor: Dipna Videlia Putsanra

DarkLight