Menuju konten utama

2.464 Personel Polisi akan Amankan Debat Cawapres di JCC

Rekayasa lalu lintas di sekitar area GBK bersifat situasional jelang debat cawapres di JCC.

2.464 Personel Polisi akan Amankan Debat Cawapres di JCC
Peta rute pengalihan arus lalu lintas di kawasan Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023). ANTARA/HO-Ditlantas Polda Metro Jaya

tirto.id - Polisi siap mengamankan ring dalam maupun luar area Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat saat pelaksanaan debat cawapres pada Jumat (22/12/2023) pukul 19.00 WIB.

"Kami jaga ring dalam maupun luar dengan menyiapkan personel keamanan di masing-masing sektor dari area pintu masuk menuju Gedung JCC sampai di dalam Gedung JCC," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (22/12/2023) dilansir dari Antara.

Dalam pengamanan tersebut, Susatyo menyebut terdapat 2.464 polisi untuk mengamankan debat cawapres 2024 nanti.

"Jumlah personel gabungan yang akan mengawal pelaksanaan debat cawapres perdana berjumlah 2.464 personel Polri dan belum termasuk gabungan dari TNI serta pihak pemangku kepentingan terkait," ujar Susatyo.

Terkait rekayasa lalu lintas akan bersifat situasional. Hal ini karena lokasi debat yang berada di dalam area Gelora Bung Karno (GBK) dan tidak terlalu mengganggu arus lalu lintas di luar.

Meski begitu, bila lalu lintas mulai tidak bergerak, pihaknya baru mulai memberlakukan pengalihan arus lalu lintas.

"Iya, jadi kami siapkan rekayasa lalu lintas yang sifatnya situasional di lapangan," ucap Susatyo.

Lebih lanjut, Susatyo menekankan kepada seluruh anggota yang terlibat pengamanan untuk selalu profesional dan humanis dalam menjalankan tugas.

Susatyo juga mengimbau kepada para pengikut partai, pendukung, ataupun tamu undangan yang mengikuti prosesi debat cawapres untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban.

"Semoga kegiatan hari ini debat cawapres berjalan dengan lancar dan tertib," ujar Susatyo.

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman, menjelaskan rekayasa lalu lintas dilakukan di dua titik yaitu dari Jalan Gatot Subroto yang akan menuju ke Jalan Gerbang Pemuda diarahkan lurus ke arah Slipi. Kemudian, arus lalu lintas dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada yang menuju Layang Ladokgi ke arah Jalan Gerbang Pemuda.

Sementara itu, dia menjamin keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas yang aman dan nyaman bagi warga akan melintas pada kegiatan itu. Selain itu ia juga menjelaskan hanya empat pintu (gate) dibuka yang menjadi akses bagi para tamu dan undangan.

"Pintu lima menjadi pintu keluar, pintu tujuh menjadi pintu masuk dan keluar, pintu delapan menjadi pintu keluar, terakhir pintu 10 menjadi pintu masuk dan keluar, " kata Latif dikutip dari Antara.

Latif juga menambahkan sebanyak 80 polisi lalu lintas dikerahkan agar pelaksanaan rekayasa lalu lintas debat cawapres di JCC, Senayan, Jakarta Pusat dapat berjalan aman, tertib dan lancar.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar debat kedua capres-cawapres Pemilu 2024, yang diikuti oleh tiga cawapres, di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat, mulai pukul 19.00 WIB. Debat kali ini merupakan debat perdana bagi calon wakil presiden.

Tema debat cawapres kali ini adalah ekonomi, yang menyangkut ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital; keuangan; investasi pajak; perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD; infrastruktur; dan perkotaan.

Baca juga artikel terkait DEBAT CAWAPRES

tirto.id - Hukum
Sumber: Antara
Editor: Bayu Septianto