Menuju konten utama

2.450 Personel Gabungan Dikerahkan di Sidang Tahunan MPR 2023

Agenda pokok sidang tahunan ini adalah pidato presiden tentang penyampaian laporan kinerja lembaga negara sekaligus pidato kenegaraan HUT ke-78 RI.

2.450 Personel Gabungan Dikerahkan di Sidang Tahunan MPR 2023
Sejumlah polisi berpatroli di kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (16/10/2019). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.

tirto.id - Personel gabungan mengamankan Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2023 di Gedung MPR/DPR/DPD RI.

"Total 2.450 personel dengan rincian 2.211 personel Polri, 150 personel TNI, dan 89 personel Pemda," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu, kepada wartawan, Rabu, 16 Agustus 2023.

Agenda pokok sidang tahunan ini adalah pidato presiden tentang penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan sekaligus pidato kenegaraan dalam rangka HUT ke-78 Republik Indonesia.

Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin hadir pada sidang ini. Mereka tampil berbeda dengan mengenakan pakaian adat di tengah para pejabat yang memakai jas.

Beberapa pejabat yang hadir antara lain Menko Marves Luhut B. Pandjaitan, Menkumham Yasonna H. Laoly hingga Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Ketua KPK Firli Bahuri, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Sementara, para mantan presiden dan wapres yang datang seperti Hamzah Haz dan Megawati Soekarnoputri. Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, KSAD Jenderal Dudung Abdurrahman, KSAL Laksamana M. Ali dan KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo juga ada di lokasi acara.

Sidang dimulai pukul 09.30 WIB. Dihadiri sekitar 1.549 undangan yang terdiri dari presiden RI dan wakil presiden RI, mantan presiden RI dan mantan wakil presiden RI, mantan Ketua MPR RI/DPR RI/DPD RI, pimpinan lembaga negara, seluruh anggota MPR RI, menteri Kabinet Indonesia Maju, dan pejabat setingkat menteri.

Kemudian ketua umum partai politik yang memiliki keterwakilan di DPR RI, raja-raja nusantara, ketua ormas keagamaan serta perwakilan teladan seluruh nusantara.

"Berbagai persiapan telah dilakukan oleh MPR RI untuk memastikan agenda Sidang Tahunan MPR 2023 berjalan sukses," ucap Ketua MPR Bambang Soesatyo, Senin, 14 Agustus.

Baca juga artikel terkait SIDANG TAHUNAN MPR 2023 atau tulisan lainnya dari Adi Briantika

tirto.id - Hukum
Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Fahreza Rizky