Liga Spanyol

2018 Jadi Tahun Istimewa Untuk Luka Modric

Oleh: Beni Jo - 31 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
"Pemain asal Kroasia ini telah menerima Ballon d'Or, The Best Award, Pemain Terbaik UEFA, dan Bola Emas di Piala Dunia musim panas ini (Rusia 2018)," bunyi pernyataan resmi Real Madrid.
tirto.id - Pemain Real Madrid Luka Modric mencatatkan deretan gelar baik secara pribadi maupun tim bersama Real Madrid dan tim nasional Kroasia sepanjang 2018. Tidak salah jika disebut tahun ini adalah tahun sang gelandang berusia 33 tahun.

"Pemain asal Kroasia ini telah menerima Ballon d'Or, The Best Award, Pemain Terbaik UEFA, dan Bola Emas di Piala Dunia musim panas ini (Rusia 2018)," bunyi pernyataan resmi Real Madrid, dikutip Senin (31/12).

Perhargaan di atas adalah beberapa raihan secara individu yang diperoleh Modric di tahun 2018. Di ajang Ballon d'Or, pemain bernomor punggung 10 itu sukses menyisihkan dua kandidat yang selama ini menguasai ajang tersebut dalam satu dekade terakhir, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Namanya berada di posisi paling atas di antara deretan pemain-pemain top lainnya, layaknya Cristiano Ronaldo (2), Antoine Griezmann (3), Kylian Mbappe (4), Lionel Messi (5), dan Mohamed Salah (6).

Di gelaran FIFA The Best Awards, Modric berhasil meraih trofi The Best (Pemain Terbaik FIFA) menyisihkan dua finalis lainnya, yaitu Cristiano Ronaldo dan Mohamed Salah. Dua edisi sebelumnya, penghargaan ini dikuasai oleh Ronaldo saat masih memperkuat Real Madrid.

Pada level Eropa, Modric juga sukses menggondol penghargaan yang bertajuk Pemain Terbaik UEFA musim 2017/2018. Gelandang andalan El Real itu mengumpulkan total 313 poin. Lagi-lagi, ia mengungguli pemain-pemain beken lainnya.

Di peringkat kedua, ada nama Cristiano Ronaldo dengan 223 poin, Mohamed Salah yang mendapatkan 134 poin berada di peringkat ketiga. Bahkan Lionel Messi berhasil dia sisihkan. Pemain Barcelona itu menduduki peringkat ke 5 dengan 55 poin. Rekan satu tim, Raphaël Varane dan Sergio Ramos ada di posisi ke-8 dan 10.

Selain itu, bersama Real Madrid secara tim Luka Modric juga berhasil mempersembahkan Decimotercera yang bermakna 13 kali gelar juara Liga Champions. Musim lalu, Los Blancos yang diperkuat oleh Modric berhasil meraih kemenangan atas Liverpool di final Liga Champions 2017/2018. Gelar itu juga menandai untuk yang ketiga kalinya secara berturut-turut diperoleh tim sekota Atletico Madrid itu.

Di ajang Piala Dunia antarKlub yang digelar di UEA pertengahan Desember 2018, mantan pemain Tottenham Hotspur itu juga berhasil mengantarkan timnya merebut gelar untuk ketiga kalinya secara berturut-turut. Lawan yang dihadapi, tuan rumah Al-Ain yang secara mengejutkan berhasil lolos ke final.

Pada tahun 2018, pemain yang pindah ke Madrid di tahun 2012 itu berhasil menciptakan sembilan assist melebihi rekornya selama ini yaitu tujuh assist yang ia cetak di tahun 2014. Selain itu, Modric juga menciptakan sejumlah tujuh gol di La Liga Spanyol dan satu gol pada Liga Champions. Gol terakhir di tahun 2018, diciptakannya saat final Piala Dunia antarKlub melawan Al-Ain dari UEA.








Baca juga artikel terkait LUCA MODRIC atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight