Menuju konten utama

2.000 Personel Gabungan akan Amankan Debat Kedua Calon Presiden

Pemprov DKI akan membantu pengamanan dan kelancaran acara dengan menerjunkan anggota Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Perhubungan.

2.000 Personel Gabungan akan Amankan Debat Kedua Calon Presiden
Petugas Kepolisian. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/foc.

tirto.id - Personel gabungan TNI, Polri dan Pemprov DKI Jakarta akan mengamankan acara Debat Capres Kedua Pilpres 2019 yang akan digelar, Minggu (17/2/2019) di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta.

“2.000 personel gabungan akan dikerahkan dalam Debat Kedua,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Kamis (14/2/2019).

Pemprov DKI akan membantu pengamanan dan kelancaran acara dengan menerjunkan anggota Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Perhubungan. Nantinya akan ada empat lapis pengamanan di Hotel Sultan.

Ring satu merupakan area yang dijaga oleh Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) sebab ada Presiden Joko Widodo. Wilayah Ring dua yaitu area hotel yang akan dijaga oleh TNI dan Polri. Ring tiga merupakan halaman parkir dan Ring empat yaitu jalur keluar-masuk paslon termasuk jalur evakuasi darat dan udara jika terjadi sesuatu hal.

Dalam debat kedua, kandidat yang tampil hanyalah capres yaitu Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Mereka akan adu gagasan perihal energi, pangan, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Sementara itu, cawapres Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno akan tampil di debat ketiga.

Dua orang yang menjadi moderator adalah Tommy Tjokro dan Anisa Dashuki, selain itu terdapat tujuh panelis yang ditunjuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam debat kedua, yaitu:

1. Rektor ITS Profesor Joni Hermana

2. Rektor IPB Arif Satria

3. Direktur Eksekutif Walhi Nur Hidayati

4. Ahli pertambangan ITB Profesor Irwandy Arif

5. Pakar energi Ahmad Agustiawan

6. Pakar lingkungan Undip Sudharto P. Hadi

7. Sekretaris Jenderal Konsorsium Pengembangan Agraria Dewi Kartika.

Baca juga artikel terkait DEBAT CAPRES 2019 atau tulisan lainnya dari Adi Briantika

tirto.id - Politik
Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Nur Hidayah Perwitasari