TKN Bedah Visi Misi Prabowo untuk Persiapan Jokowi di Debat Kedua

Oleh: Felix Nathaniel - 14 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
TKN optimistis Jokowi bisa menguasai materi dalam Debat Pilpres 2019 tahap kedua. TKN mengklaim telah membedah visi misi Prabowo dan menemukan sejumlah kelemahannya.
tirto.id - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin telah membedah visi-misi dan program pasangan calon (paslon) nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno. Hasil kajian itu akan menjadi bahan bagi Jokowi dalam Debat Pilpres 2019 tahap kedua pada 17 Februari 2019.

Direktur Komunikasi Politik TKN, Usman Kansong menyatakan optimistis Jokowi menguasai tema debat kedua, yakni energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Sebab, kata dia, Jokowi mempunyai modal cukup berupa capaian pemerintahannya selama ini.

Usman juga meyakini Jokowi akan mampu mementahkan gagasan Prabowo terkait tema-tema debat kedua tersebut.

“Kita bisa lihat dari visi-misi itu, bisa kita bandingkan dengan punya kami. Kami lihat kelemahan visi-misinya [Prabowo],” kata Usman kepada tirto, Kamis (14/2/2019). “Dari situ bisa kita kritisi. […] Dipelajari dan kami bandingkan.”

Dalam debat, Usman mengatakan salah satu andalan Jokowi untuk berdebat dengan Prabowo adalah data capaian pemerintahannya selama 4 tahun terakhir.

“Misalnya kami lihat itu sudah kami lakukan, ya Pak Jokowi menyampaikan itu,” ujar dia.

“Ada program energi [dari Prabowo] yang kami lihat impossible [tidak mungkin] dilakukan, ya Pak Jokowi nanti bisa menjawab itu sudah kami lakukan sebagian,” Usman menambahkan.


Sebelumnya, Juru Bicara TKN Ace Hasan Syadzily juga menuding visi-misi Prabowo-Sandi hanya meniru Jokowi-Ma’ruf. Dia mencatat hanya ada 19 dari 238 program aksi yang persis sama dengan yang ada dalam visi misi Jokowi-Ma'ruf.

“Misalnya mengubah Paradigma Sehat menjadi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang mana program ini sudah dijalankan Jokowi dalam empat tahun terakhir dan termuat dalam visi-misi paslon 01,” kata Ace melalui keterangan tertulis pada 11 Januari 2019 lalu.

Debat Pilpres 2019 tahap kedua akan berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta mulai pukul 20.00 WIB, pada Minggu malam (17/2/2019). Debat ini hanya diikuti oleh dua capres yang berlaga di Pilpres 2019, yakni Jokowi dan Prabowo. Acara debat tersebut juga akan disiarkan lansung sejumlah stasiun televisi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjuk dua moderator dalam debat kali ini, yaitu Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki.

Sementara panelis yang dipilih KPU dalam debat kedua ini berjumlah tujuh. Mereka adalah Rektor ITS Joni Hermana, Rektor IPB Arif Satria, Direktur Eksekutif Walhi Nur Hidayati, ahli pertambangan ITB Irwandy Arif, pakar energi Ahmad Agustiawan dan pakar lingkungan dari Undip Sudharto P. Hadi dan Sekjen Konsorsium Pengembangan Agraria Dewi Kartika.


Baca juga artikel terkait DEBAT CAPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Politik)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Addi M Idhom