Menuju konten utama

2.000 Orang Hubungi Tim COVID-19 DKI, Kebanyakan Karena Panik

Pemprov DKI Jakarta membentuk call center sejak 27 Januari untuk merespons penanganan wabah Corona COVID-19.

2.000 Orang Hubungi Tim COVID-19 DKI, Kebanyakan Karena Panik
Petugas menggunakan cairan antiseptik setelah pemeriksaan suhu tubuh siswa di Jakarta Nanyang School, Tangerang, Banten, Rabu (4/3/2020). NTARA FOTO/Fauzan/hp.

tirto.id - Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan, sejak 27 Januari hingga kini ada 2.000 orang yang telah menghubungi call center Tim Tanggap Covid-19 Pemprov DKI. Kebanyakan mereka yang melapor ke tim lantaran panik.

"Sejak awal progres pergerakannya sampai dengan hari ini 2.000. Teman-teman perlu ingat bahwa declare untuk nomor posko sejak 27 Januari," tuturnya, Rabu (4/3/2020).

Untuk memastikan Ibu Kota siap menghadapi wabah virus corona, kata dia, Pemprov DKI akan terus berkolaborasi dan berkoordinasi dengan Kemenkes dan Polda Metro Jaya. Salah satunya terkait kegiatan penyelidikan epidemologi.

Hal tersebut untuk memastikan kasus terkonfirmasi atau masih dalam pemantauan dan pengawasan. Pihaknya juga telah menambah jumlah petugas di posko Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, seiring berkembangnya jumlah kasus yang harus diawasi.

"Tim mendapatkan penguatan dari berbagai OPD [organisasi perangkat daerah]. Kami tadi pagi lakukan pembekalan kepada tim baru, sehingga nanti posko lebih cepat merespons apapun pergerakan di masyarakat," terangnya.

Tim COVID-19 DKI Jakarta, kata dia, juga melakukan pemantauan di perkantoran hingga transportasi untuk memastikan telah dipasang alat deteksi dini. Di antaranya thermal scan dan hand sanitizer di tempat umum untuk lebih memberikan rasa aman kepada masyarakat.

"Kami berkoordinasi dengan Polda terkait proses perizinan dan berkoordinasi dengan EO yang menyelenggarakan acara-acara yang sifatnya kepariwisataan. Begitu pula dengan masker, kita tahu bahwa polda sudah membentuk Tim Satgas Masker. Kami akan terus berkoordinasi," tuturnya.

Pemerintah Indonesia telah mengumumkan kasus ke-1 dan ke-2 Corona COVID-19. Keduanya dalam kondisi baik dan dirawat di RSPI Sulianti Saroso berada di Jakarta Utara.

Baca juga artikel terkait PENCEGAHAN CORONA atau tulisan lainnya dari Riyan Setiawan

tirto.id - Kesehatan
Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Zakki Amali