20 Ribu Aparat Gabungan Siap Amankan Reuni Akbar 212

Oleh: Adi Briantika - 30 November 2018
Kombes Pol Argo Yuwono menyatakan, pihaknya akan menyiagakan 20 ribu aparat gabungan untuk mengamankan aksi Reuni 212 pada Minggu (2/12/2018).
tirto.id - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono menyatakan akan menyiagakan sebanyak 20 ribu personel dari aparat gabungan di kawasan Monas, Jakarta Pusat, untuk mengamankan Reuni Akbar Mujahid 212 pada Minggu (2/12/2018).

“Ada 20 ribu personel gabungan dari TNI, Polri dan juga oleh pemerintah daerah untuk acara pada 2 Desember nanti,” kata Kombes Pol Argo Yuwono, di kantornya, Jumat (30/11/2018).

Argo mengaku masih belum mengetahui jumlah massa yang akan hadir. “Masih kami data, belum dapatkan jumlah pastinya,” tambah dia.

Sementara itu, Kepala Penerangan Komando Daerah Militer Jaya Letkol Infanteri Kristomei Sianturi mengatakan pihaknya menyiapkan dua ribu personel dalam kegiatan tersebut.

“Kami lakukan operasi perbantuan, kami siagakan dua ribu personel,” ujar dia. Kristomei melanjutkan, jajarannya juga bersiaga mengantisipasi hal buruk. Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan pasukan tempur juga ikut siaga.

“Artinya mengantisipasi kalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tapi selebihnya mengedepankan kepolisian, kami hanya backup saja,” ucap Kristomei.

Persaudaraan Alumni 212 akan menggelar reuni tersebut di Monas. Aksi itu rencananya akan memperdengarkan rekaman pidato pentolan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Massa yang hadir diperkirakan mencapai empat juta orang.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun akan ikut menghadiri acara reuni tersebut. "Tak ada tanggapan khusus. Seperti tahun lalu saya datang juga meskipun saya bukan alumni. Tapi saya datang insyaallah," kata Anies di Balaikota DKI Jakarta, Senin (26/11/2018).

Ia mengatakan saat ini sudah banyak kegiatan yang diselenggarakan di Monas dan dia biasa hadir dalam kegiatan-kegiatan yang berlangsung di kawasan tersebut.


Baca juga artikel terkait REUNI 212 atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Yandri Daniel Damaledo