Menuju konten utama

185.723 Tiket Kereta Angkutan Natal dan Tahun Baru Ludes Terjual

KAI menetapkan angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) berlangsung pada 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

185.723 Tiket Kereta Angkutan Natal dan Tahun Baru Ludes Terjual
Penumpang kereta Argo Lawu berjalan saat tiba di Stasiun Gambir, Jakarta, Senin (17/5/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.

tirto.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat penjualan 185.723 tiket kereta api jarak jauh pada masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Mayoritas tiket tersebut untuk jadwal keberangkatan pada 21 sampai 29 Desember 2023.

“Jumlah tersebut masih akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung. KAI berharap masyarakat dapat segera memesan tiket karena tiket KA masa Nataru masih cukup banyak tersedia,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dikutip dari Keterangannya, Selasa (14/11/2023).

KAI menetapkan agkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) berlangsung pada 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

Joni mencatat tanggal keberangkatan yang menjadi favorit penumpang, yaitu pada 22 Desember dengan 38.401 tiket.

Kemudian, keret-kereta api yang menjadi favorit angkutan nataru meliputi KA Airlangga relasi Pasarsenen–Surabaya Pasarturi PP, KA Jayabaya relasi Pasarsenen–Malang PP, KA Serayu relasi Pasarsenen–Purwokerto PP, dan KA Kahuripan relasi Kiaracondong–Blitar pulang-pergi PP.

Sementara itu, Joni mengingatkan para penumpang agar tidak membagikan kode pemesanan KA ke aplikasi percakapan atau media sosial. Hal tersebut ia sampaikan menanggapi kabar viral tiket penumpang KA di Stasiun Cimahi diubah jadwalnya oleh orang lain.

"Berdasarkan beberapa informasi yang didapat, disinyalir pemilik tiket tersebut telah membagikan kode booking-nya di salah satu grup percakapan, sehingga disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab," kata dia.

Menurut Joni, kode pemesanan merupakan privasi yang sangat vital untuk pembatalan atau perubahan jadwal.

“Kami mengimbau kode booking tiket kereta api yang didapat setelah proses pembayaran, agar tidak dibagikan kepada orang lain secara sembarangan," imbau Joni.

Saat ini, kata Joni, KAI masih menyediliki terduga pelaku yang tertangkap CCTV di Loket Box Stasiun Cimahi.

Baca juga artikel terkait LIBUR NATAL DAN TAHUN BARU atau tulisan lainnya dari Hanif Reyhan Ghifari

tirto.id - Bisnis
Reporter: Hanif Reyhan Ghifari
Penulis: Hanif Reyhan Ghifari
Editor: Gilang Ramadhan