Menuju konten utama

1.546 Tempat Tidur Disiapkan di Tower Baru RS Darurat Wisma Atlet

Tower 4 berkapasitas 1.546 tempat tidur yang dikhususkan untuk pasien COVID-19 tanpa gejala.

1.546 Tempat Tidur Disiapkan di Tower Baru RS Darurat Wisma Atlet
Sejumlah lampu ruangan di setiap lantai dinyalakan sebagai bentuk kesiapan menangani COVID-19 di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Kemayoran Jakarta, Rabu (9/9/20). Saat ini hanya dua dari total tujuh tower yang digunakan untuk penanganan COVID-19. Tower 7 untuk pasien dan Tower 6 untuk observasi. Masing-masing tower mampu menampung hingga 2500 orang, sementara saat ini ada 1.637 pasien yang dirawat di RSD Wisma Atlet. tirto.id/Hafitz Maulana

tirto.id - Rumah Sakit Darurat (RSD) COVID-19 Wisma Atlet mengoperasikan tower 4 untuk menambah daya tampung kebutuhan isolasi mandiri bagi pasien COVID-19 tanpa gejala. Pengoperasian tower 4 sudah dilakukan hari ini, Senin (21/9/2020).

Koordinator Rumah Sakit Darurat COVID-19 Mayor Jenderal TNI dr Tugas Ratmono, Sp.S mengatakan kondisi tiga tower sebelumnya sudah hampir memenuhi total kapasitas tempat tidur yang tersedia.

Ia menjelaskan tower 6 dan 7 di Wisma Atlet digunakan sebagai ruang perawatan pasien COVID-19 yang memiliki gejala ringan dan sedang. Di dua tower ini daya tampung tempat tidur sudah mencapai 80 persen.

Sementara tower 4 dan 5 digunakan untuk isolasi mandiri pasien COVID-19 tanpa gejala. Kapasitas tempat tidur di tower 5 saat ini sudah mencapai 90 persen.

"Kami sudah siapkan tower 4, saat ini disiapkan 1.546 bed. Dan sejak tadi pagi kami sudah masukan pasien, SDM kesehatan juga sudah siap," kata Tugas dalam konferensi pers dari Gedung BNPB, Jakarta, (21/9/2020) dilansir dari Antara.

Ia menyebut satu paviliun di Wisma Atlet bisa digunakan untuk dua hingga tiga tempat tidur untuk pasien COVID-19. Jika seluruh ruangan diisi dengan dua atau bahkan maksimal tiga tempat tidur, kapasitas RSD COVID-19 Wisma Atlet bisa bertambah sekitar 2.000 lebih pasien per tower, atau estimasi total sekitar 8.146 pasien dapat ditampung.

Dijelaskannya bahwa pasien yang bisa dirawat di RSD COVID-19 Wisma Atlet hanyalah bagi mereka yang terbukti positif melalui tes PCR. Sedangkan untuk pasien dengan gejala ringan maupun sedang bisa langsung dirawat, namun bagi pasien COVID-19 tanpa gejala memerlukan surat rekomendasi tambahan.

"Yang masuk tower 4 dan 5 adalah mereka yang sudah testing PCR positif, dan ada surat rekomendasi dari Puskesmas bahwa mereka tidak bisa melakukan isolasi mandiri di rumah," pungkas Ratmono.

Tambahan tower baru ini menjadikan hingga saat ini RSD COVID-19 Wisma Atlet telah mengoperasikan empat tower. Tower 4 dan tower 5 diperuntukkan bagi pasien positif COVID-19 tanpa gejala, sementara tower 6 dan 7 dihuni oleh pasien positif COVID-19 bergejala ringan maupun sedang.

Berdasarkan data terbaru yang dirilis Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Kogabwilhan I) pada pukul 08.00 WIB, Senin (21/9/2020), sebanyak 3.852 pasien tengah dirawat di tiga tower, yakni tower 5, 6, dan 7.

Sebanyak 2.355 pasien terkonfirmasi positif dirawat di tower 6 dan 7. Adapun 1.497 pasien Covid-19 tanpa gejala tengah dirawat di tower 5.

Baca juga artikel terkait RS DARURAT WISMA ATLET

tirto.id - Kesehatan
Sumber: Antara
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Bayu Septianto