13 Cara Alami Meningkatkan Libido Pria dan Perempuan

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 15 Oktober 2019
Dibaca Normal 4 menit
Jika Anda ingin meningkatkan libido, Anda bisa mencoba berbagai cara dan metode alami seperti mengelola kecemasan dan fokus pada for play atau pemanasan sebelum berhubungan seksual.
tirto.id - Libido atau dorongan seksual merupakan hal yang bersifat alami dan bervariasi antar individu baik pria maupun perempuan. Memiliki gairah seks yang rendah sebetulnya tidak selalu menjadi masalah. Namun jika Anda ingin meningkatkan libido, Anda bisa mencoba berbagai cara dan metode alami yang efektif.

Meningkatkan libido pada pria

Libido pada pria sering dikaitkan dengan kadar testosteron, yang secara alami akan menurun seiring bertambahnya usia pria. Terapi penggantian testosteron dapat membantu beberapa pria.

Pada pria dengan kekurangan testosteron, atau hipogonadisme, terapi penggantian testosteron dapat meningkatkan libido, mengurangi depresi, dan meningkatkan fungsi ereksi, menurut sebuah ulasan di 2017.

Ada sedikit bukti yang menunjukkan bahwa makanan atau suplemen tertentu meningkatkan kadar testosteron dan fungsi seksual seseorang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa seng, vitamin D, dan asam lemak omega-3 mungkin merupakan komponen makanan penting untuk testosteron.

Meningkatkan libido pada perempuan

Hormon yang berhubungan dengan seks, seperti estrogen dan senyawa seperti estrogen, juga dapat memengaruhi hasrat seksual pada perempuan.

Banyak perempuan mengalami penurunan libido dan fungsi seksual saat menopause, ketika kadar estrogen turun. Terapi penggantian estrogen dapat membantu beberapa perempuan.

Kekeringan vagina adalah gejala lain dari menopause. Menggunakan pelumas selama aktivitas seksual dapat meningkatkan kenikmatan orang.

Perempuan juga menghasilkan testosteron. Dokter pernah percaya bahwa testosteron dapat mempengaruhi gairah seks wanita, tetapi sampai saat ini, penelitian belum menemukan hubungan yang kuat.

Pil KB tertentu juga dapat menurunkan libido. Jika Anda mencurigai bahwa kontrasepsi hormonal memengaruhi gairah seks Anda, maka Anda dapat berbicara dengan dokter tentang perubahan jenis pil.

Selain beberapa faktor tersebut, kecemasan, stress, kelelahan, gaya hidup, kesulitan hubungan, masalah kesehatan, dan usia semua dapat memengaruhi libido pria dan perempuan. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan libido pria dan perempuan.

1. Kelola kecemasan

Seperti dilansir dari laman Medical News Today memiliki tingkat kecemasan yang tinggi adalah penghalang umum untuk fungsi seksual dan libido bagi pria dan perempuan.

Kecemasan yang terjadi ini bisa karena tekanan hidup atau terkait permasalahan pekerjaan yang sedang dihadapi.

Orang dengan jadwal kerja yang intens, tanggung jawab yang besar, atau tekanan hidup lainnya mungkin merasa lelah, akibatnya hasrat seksual rendah atau menurun.

Kecemasan dan stres juga dapat membuat seseorang lebih sulit untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi, yang dapat membuat seseorang berhenti berhubungan seks.

Sebuah tinjauan pada 2017 tentang disfungsi ereksi pada pria muda menunjukkan bahwa depresi dan kecemasan dapat mengakibatkan penurunan libido dan peningkatan disfungsi seksual.

2. Meningkatkan kualitas hubungan

Banyak orang mengalami ketenangan dalam hasrat dan frekuensi seksual pada titik-titik tertentu dalam suatu hubungan. Ini mungkin terjadi setelah berada bersama seseorang untuk waktu yang lama.

Berfokus pada peningkatan hubungan dapat meningkatkan gairah seks masing-masing pasangan. Anda mungkin bisa mencoba beberapa hal, seperti:
  • Melakukan aktivitas bersama di luar kamar
  • Mempraktikkan komunikasi terbuka
  • Menyisihkan waktu untuk quality time satu sama lain

3. Fokus pada pemanasan atau for play

Memiliki pengalaman seksual yang lebih baik dapat meningkatkan keinginan seseorang untuk berhubungan seks, sehingga meningkatkan libido mereka. Dalam banyak kasus, orang dapat meningkatkan pengalaman seksual mereka dengan menghabiskan lebih banyak waktu untuk menyentuh, mencium, menggunakan mainan seks, dan melakukan seks oral. Beberapa orang menyebut tindakan ini outercourse.

Bagi perempuan, pemanasan menjadi salah satu hal yang sangat penting. Menurut beberapa penelitian di 2017, hanya sekitar 18 persen perempuan yang mengalami orgasme dari hubungan seksual saja, sementara 33,6 persen perempuan melaporkan bahwa stimulasi klitoris diperlukan bagi mereka untuk orgasme.

4. Dapatkan kualitas tidur yang baik

Tidur nyenyak dapat meningkatkan suasana hati dan energi seseorang secara keseluruhan, dan beberapa penelitian juga mengaitkan kualitas tidur dengan libido.

Sebuah studi skala kecil di 2015 pada perempuan, menunjukkan bahwa lebih banyak tidur di malam hari bisa meningkatkan hasrat seksual mereka pada hari berikutnya. Perempuan yang melaporkan waktu tidur rata-rata lebih lama menunjukkan gairah genital lebih baik dari mereka yang memiliki waktu tidur lebih pendek.

5. Makan makanan bergizi

Mengikuti diet bergizi dapat bermanfaat bagi dorongan seks orang-orang dengan meningkatkan sirkulasi yang baik bagi kesehatan jantung.

Sindrom metabolik dan penyakit kardiovaskular dapat memengaruhi fungsi seksual fisik. Selain itu sindrom ovarium polikistik dapat memengaruhi kadar hormon, yang juga dapat mengganggu libido.

Mengonsumsi makanan kaya sayuran, rendah gula, dan protein tanpa lemak dapat membantu mencegah gangguan yang memengaruhi libido.

6. Cobalah pengobatan herbal


Ada sedikit penelitian tentang seberapa efektif pengobatan herbal dalam meningkatkan fungsi seksual pada pria dan perempuan, meskipun beberapa orang mungkin menganggapnya bermanfaat.

Sebuah studi review pada 2015 menyatakan bahwa ada data yang terbatas tetapi muncul bahwa obat herbal seperti tribulus, maca, gingseng, gingko dapat meningkatkan fungsi seksual.

Namun, jika Anda memilih untuk mengkonsumsi obat herbal, ada baiknya Anda harus waspada menggunakannya. Cek terlebih dahulu kandungan obat herbal tersebut dan pastikan bahwa obat herbal yang Anda pilih sudah terdaftar di BPOM.

7. Lakukan olahraga teratur

Melakukan olahraga teratur dapat membantu meningkatkan libido. Sebuah studi pada 2015 tentang pria yang menjalani terapi kekurangan androgen, yang menurunkan kadar testosteron, menemukan bahwa olahraga teratur membantu pria mengatasi masalah seperti libido rendah, dan perubahan hubungan.

Sebuah penelitian 2010 terhadap perempuan dengan diabetes menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu menurunkan gejala terkait diabetes pada perempuan. Studi ini menekankan bahwa melakukan latihan dasar panggul mungkin bermanfaat pada perempuan tanpa diabetes. Sehingga olahraga ini bisa meningkatkan libido perempuan.

8. Pertahankan berat badan yang sehat

Beberapa ilmuwan menghubungkan kelebihan berat badan dan obesitas dengan dorongan seks yang rendah, bersama dengan faktor-faktor lain yang terkait dengan berkurangnya kesuburan. Ini terkait dengan faktor hormonal, seperti konsentrasi testosteron yang rendah.

Beberapa orang yang kelebihan berat badan mungkin juga mengalami efek psikologis, seperti rasa percaya diri yang lebih rendah.

Mempertahankan berat badan yang sehat dapat meningkatkan gairah seks seseorang, baik secara fisik maupun psikologis. Makan makanan yang sehat dan berolahraga teratur dapat membantu mencapai ini, serta meningkatkan tingkat energi keseluruhan seseorang.

9. Buka mata Anda

Melansir laman The Healthy buka mata Anda saat Anda mencium dan saat Anda berhubungan seksual dengan pasangan dinilai dapat meningkatkan libido Anda. Melihat ke mata pasangan Anda pada saat-saat seperti itu dipercaya seperti mengirimkan pesan kepercayaan dan kejujuran yang luar biasa.

10. Buat ritual intim Anda sendiri

Ritual intim ini tidak selalu soal hubungan seksual. Tapi Anda bisa mencoba misal, membangunkan pasangan Anda dengan secangkir kopi panas seperti alarm di pagi hari. Atau bagaimana jika Anda menyiapkan mandi air hangat untuk pasangan Anda.

Atau bisa juga Anda membuat makan malam romantis berdua dengan pasangan setiap hari Selasa atau hari tertentu. Kuncinya adalah konsistensi. Ini bukan hal-hal yang Anda lakukan sekali saja, tetapi berulang-ulang sampai menjadi seperti bahasa rahasia di antara Anda berdua.

11. Berpura-pura menjadi pasangan baru

Ketika Anda berada di sebuah pesta atau keluar di depan umum dengan pasangan Anda, luangkan waktu sejenak untuk menatapnya di seberang ruangan seolah-olah Anda masih saling merayu. Sebab hubungan seks yang hangat dan mendebarkan bisa saja terjadi saat dua orang saling jatuh cinta untuk pertama kali.

12. Cobalah terapi seks

Keinginan seksual itu kompleks, dengan komponen psikologis dan fisik. Bahkan ketika seseorang memiliki kondisi fisik yang mempengaruhi libido, seperti diabetes.

Memilih untuk melakukan terapi seks adalah strategi yang efektif untuk meningkatkan libido. Konseling individu dapat membantu mengatasi pandangan negatif tentang seks, harga diri, dan penyebab sekunder dari libido rendah, seperti depresi dan kecemasan. Konseling hubungan dapat membantu beberapa orang bekerja melalui faktor-faktor yang mempengaruhi hasrat seksual mereka.

Selain terapi berbicara, terapi mindfulness juga dapat membantu. Satu studi 2014 menemukan bahwa hanya empat sesi terapi perilaku kognitif berbasis kesadaran dalam pengaturan kelompok meningkatkan hasrat seksual, gairah seksual, dan kepuasan seksual bagi perempuan.

13. Kunjungi dokter

Jika seseorang khawatir tentang penurunan libido, dokter dapat memberikan saran dan informasi tentang penyebab dan perawatan potensial. Dokter yang memiliki pengetahuan tentang pengobatan alternatif dan komplementer juga dapat membantu seseorang memilih pengobatan alami.

Seseorang lebih baik ke dokter saat,
  • Libido tiba-tiba turun atau tanpa penjelasan
  • Libido turun disertai gejala tambahan seperti tekanan darah tinggi atau nyeri
  • Libido turun setelah memulai pengobatan atau menjalani operasi
  • Penurunan libido yang menyebabkan masalah hubungan serius atau tekanan psikologis
  • Merasakan seks yang menyakitkan


Baca juga artikel terkait LIBIDO atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Yantina Debora
DarkLight