12 Bentuk Brush Maskara Berdasarkan Fungsinya

Oleh: Ninda Fitria - 10 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Ketika akan membeli maskara, sebaiknya jangan fokus hanya pada label atau kandungannya saja. Hal terpenting pada maskara adalah brush yang berfungsi sebagai aplikatornya.
tirto.id - Maskara adalah produk kosmetik yang umumnya digunakan untuk memperindah mata. Fungsinya antara lain untuk mempergelap, mempertebal, memperpanjang, dan memperjelas bulu mata. Mata juga telihat lebih ‘hidup’ setelah pengaplikasian maskara.

Maskara memiliki banyak bentuk brush yang bermacam-macam sesuai dengan fungsinya.

Ketika akan membeli maskara, sebaiknya jangan fokus hanya pada label atau kandungannya saja. Hal terpenting pada maskara adalah brush yang berfungsi sebagai aplikatornya, karena brush dapat mempengaruhi hasil akhir bulu mata.

Berikut adalah 12 jenis bentuk brush maskara, seperti melansir dari Sosueme

1.Classic mascara wand

Merupakan salah satu bentuk maskara yang paling banyak dimiliki perempuan. Bentuk brush ini jika diaplikasikan pada bulu mata akan memberi hasil akhir yang lebih tebal.

2. Tapered comb mascara wand

Ujung runcing dari brush maskara akan membantu untuk mencapai bulu mata pada sudut mata bagian dalam. Sementara, ujung kepala brush yang lebih besar memusatkan formula pada bulu mata bagian luar sehingga membantu dalam menciptakan tampilan mata kucing.

Brush yang seperti sisir pada maskara ini akan membantu memisahkan bulu mata. Jenis maskara ini bagus digunakan untuk cakupan penuh tetapi tidak terlalu memberikan volume yang besar.

3. Curved comb mascara wand

Bentuk melengkung pada brush maskara bertujuan agar bisa meringkuk bulu mata.

Ujung brush bentuknya seperti ikal alami bulu mata sementara bentuk brush ini bertujuan untuk mencegah terjadinya gumpalan.

4. Micro wand

Jenis brush ini bisa melapisi maskara tanpa menggumpal. Brush ini juga dapat digunakan untuk pengaplikasian yang tidak berantakan pada bulu mata bawah.

5. Fat brush wand

Jenis brush ini cocok digunakan apabila menginginkan volume bulu mata yang lebat.

6. Precision tip wand

Bentuk brush maskara ini memiliki ujung kepala yang presisi dan berbulu lebat yang bisa menciptakan volume pada bulu mata.

Ujungnya yang presisi dapat melapisi bulu mata kecil yang seringkali sulit dijangkau.

7. Ball wand

Berbeda dengan brush maskara yang lebih besar, yang sulit mencapai akar bulu mata jenis tongkat maskara ini dapat mencapai setiap milimeter bulu mata.

8. Ball tip wand

Merupakan jenis brush maskara yang standar dengan ujung brush yang berbentuk seperti bola.

Bentuk ujungnya yang meruncing dirancang untuk memudahkan setiap bulu mata yang lebih kecil. Jenis brush maskara ini dirancang untuk pengaplikasian yang rapi pada bulu mata bawah.

9. Corkscrew wand

Bentuk brush ini berfokus pada cakupan maksimum dan menciptakan volume yang optimal.

10. Comb bristle wand

Jenis brush yang memanjang dan penuh dapat memberikan volume lebih pada bulu mata.

Semakin banyak lapisan yang diberikan pada bulu mata maka akan semakin membuat bulu mata lebih tebal. Sementara pada bulu mata yang tipis, akan menambah volume kelebatan bulu mata menjadi besar. Kelemahan utama pada jenis brush ini adalah adanya risiko penggumpalan.

11. Skinny wand

Jenis brush ini bisa untuk memisahkan bulu mata. Pada orang yang memiliki bulu mata yang tebal secara alami, brush ini cocok untuk digunakan.

12. Triple ball wand

Jenis brush ini dapat memberikan efek kelentikan dramatis pada bulu mata dan memberikan cakupan yang penuh.


Baca juga artikel terkait BRUSH atau tulisan menarik lainnya Ninda Fitria
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Ninda Fitria
Penulis: Ninda Fitria
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight