Menuju konten utama

104.066 Wisatawan Kunjungi Gunungkidul Saat Lebaran 2019

Ribuan wisatawan padati tempat wisata di Gunungkidul Yogyakarta selama libur Lebaran 2019.

104.066 Wisatawan Kunjungi Gunungkidul Saat Lebaran 2019
Ilustrasi wisatawan mengunjungi obyek wisata Pantai Ngandong di Tepus, Gunungkidul, DI Yogyakarta. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

tirto.id - Sebanyak 104.066 wisatawan mengunjung objek wisata di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai H Lebaran hingga H+2 Lebaran 2019.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan pada H Lebaran 2109 terdapat 9.830 wisatawan, pada H+1 Lebaran (Kamis, 6/6/2019) ada 44.337 wisatawan, dan pada H+1 Lebaran (Jumat, 7/6/2019) naik menjadi 49.899 wisatawan.

"Data wisatawan ini bersifat sementara, karena ada beberapa yang belum masuk, khususnya wisata non-pantai," kata Harry, dikutip dari Antara, Sabtu (8/6/2019).

Objek wisata unggulan Gunungkidul yakni Pantai Gesing, Pantai Ngobaran, Pantai Baron, Kukup, Krakal, Sundak dan Ngandong, dan Indrayanti.

Ia memprediksi hari ini dan Minggu (9/6/2019) merupakan puncak kunjungan wisata ke Gunungkidul. Ia berharap hari ini, kunjungan wisatawan lebih dari 50 ribu orang untuk wisata pantai dan non-pantai.

Harry mengakui lebih dari 90 persen wisatawan yang mengunjungi Gunungkidul, menikmati objek wisata pantai. Hal ini dikarenakan objek wisata pantai sepanjang 72 kilometer yang membentang dari timur sampai ke barat, sangat indah dan mempesona.

"Kami menyadari objek wisata pantai menjadi wisata unggulan dan primadona di DIY," katanya.

Sekretaris Daerah Gunungkidul Drajad Ruswandono mengatakan penataan kawasan pantai membutuhkan konsep yang kuat serta infrastruktur lengkap. Untuk perkembangan penataan sendiri, saat ini pihaknya tengah membahas rencana induk dan rencana detail teknis (DED).

"Tapi saya yakin seyakin-yakinnya, kita mulai dari Baron (Pantai Baron) dulu rencana induk tahun kemarin, tahun ini DED dan sosialisasi, dan 2019 fisiknya jadi,” kata Drajat.

Dia mengakui untuk penataan kawasan pantai tidak serta merta bisa dilakukan dengan aturan 100 meter tersebut. Sebab penggal pantai di Gunungkidul sangatlah sempit sehingga tidak memungkinkan.

Tahap pertama, pemerintah akan melakukan penataan di kawasan Pantai Baron menghabiskan dana sekitar Rp59 miliar. Dengan dana sebesar itu, Pantai Baron akan berubah 100 persen dari kondisi yang ada saat ini.

"Nanti soal IPAL, sanitasi, parkir, pintu masuk keluar, kuliner, suvenir, tempat ibadah, klinik, pendapa dan akses difabel ada di situ semua,” kata dia.

Ia mengklaim bahwa setelah Pantai Baron selesai ditata, kawasan pantai lainnya akan mudah dilakukan. "Keterbatasan anggaran menjadi salah satu kendala yang dihadapi pemkab dalam mengembangkan wisata di Gunungkidul," katanya.

Baca juga artikel terkait IDUL FITRI 1440 H atau tulisan lainnya dari Yantina Debora

tirto.id - Sosial budaya
Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH