100 Brimob Polda Kalbar Diterjunkan ke Jakarta Usai Pencoblosan

Oleh: Adi Briantika - 22 April 2019
Para anggota bersiaga di tiga lokasi, yakni di sekitar WTC Mangga Dua, di sekitar ITC Mangga Dua dan di Pasar Pagi Mangga Dua.
tirto.id - Polda Kalimantan Barat mengerahkan 100 personel Brimob ke Jakarta untuk memperkuat pengamanan usai Pemilu 2019. Saat ini mereka bersiaga di daerah Mangga Dua, Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara.

Kabid Humas Polda Kalimantan Barat, AKBP Donny Charles Go membenarkan hal tersebut. “Betul, berangkat dari Kalimantan Barat pada 19 April lalu,” kata dia ketika dihubungi Tirto, Senin (22/4/2019).

Pada pengamanan kali ini, para personel dibekali oleh 96 pucuk senjata AK 101, 5 pucuk senjata HS dan 100 set alat penanggulangan huru-hara. Para anggota bersiaga di tiga lokasi yakni, 30 personel di sekitar WTC Mangga Dua, 40 personel di sekitar ITC Mangga Dua dan 30 personel di Pasar Pagi Mangga Dua.

“Saat ini personel Brimob standby menunggu perintah dari pihak Polda Metro Jaya,” ucap Donny.

Tidak hanya Polda Kalbar, Brimob Polda Maluku juga turut didatangkan ke ibu kota dengan alasan yang sama.

“Pagi ini kami berangkatkan 200 personel atau setara dengan dua satuan setingkat kompi (SSK) ke Jakarta untuk penebalan pasukan,” kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Muhammad Roem Ohoirat, ketika dihubungi Tirto, Senin (22/4/2019).

Pengiriman pasukan jajaran Polda Maluku tidak hanya kali ini saja, delapan bulan lalu pun pernah dilakukan. “Sebelum pemilu juga pernah pengiriman pasukan,” sambung dia.

Belum tahu hingga kapan para prajurit disiagakan di Jakarta. Ia juga menyatakan kondisi di Maluku saat hari pencoblosan hingga kini relatif aman.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Politik)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Alexander Haryanto