Z1 Pro vs S1: Adu Spesifikasi Smartphone Vivo Harga Rp3 Jutaan

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 6 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Harga dan spesifikasi Vivo Z1 Pro dan Vivo S1 berbeda meski dua smartphone ini menyasar segmen menengah.
tirto.id - Vivo meluncurkan dua smartphone kelas menengah di Indonesia dalam waktu hampir bersamaan, yakni S1 dan Z1 Pro. Kedua ponsel ini sama-sama dibekali dengan baterai berkapasitas besar dan tiga kamera belakang.

Vivo Z1 Pro tampil dengan desain layar bolong atau Ultra O Screen yang cukup menarik. Sedangkan Vivo S1 masuh mengandalkan desain layar teardrop atau 'poni' mungil pada bagian atas layar.

Harga Vivo Z1 Pro sebesar Rp3.099.000, sedangkan Vivo S1 dijual sedikit lebih mahal, yakni Rp 3.599.000. Berikut ini perbedaan spesifikasi antara Vivo Z1 Pro dengan S1.

Layar

Vivo Z1 Pro mengandalkan layar sentuh Ultra O Screen berukuran 6,53 inci resolusi FHD+ tipe IPS. Namun, smartphone ini tak dilengkapi dengan proteksi antigores seperti Gorilla Glass dan sejenisnya

Sedangkan Vivo S1 mengandalkan layar sentuh berukuran 6,38 inci resolusi FHD+ tipe AMOLED dengan fitur Always on Display. Layar Vivo S1 juga tak disebutkan adanya proteksi antigores.

Performa

Kinerja Vivo Z1 Pro bisa dikatakan sedikit lebih unggul ketimbang S1 dengan sokongan chipset Snapdragon 712 berkonsep octa-core, terdiri dari dual-core 2,3GHz dan hexa-core 1,7GHz. Dapur pacu ini dipadukan dengan RAM 4GB. Kemampuan ponsel ini untuk bermain game cukup baik di kelas menengah berkat dukungan GPU Adreno 616.

Sedangkan Vivo S1 mengandalkan chipset MediaTek Helio P65 berkonsep octa-core, terdiri dari dual-core 2GHz dan hexa-core 1,7GHz. Dapur pacu ini juga dipadukan dengan RAM 4GB. Sementara untuk kartu grafisnya mengandalkan Mali-G52 2EEMC2.

Kamera

Spesifikasi kamera Vivo Z1 Pro dan S1 identik. Keduanya sama-sama dibekali dengan tiga kamera belakang. Namun, resolusinya sedikit berbeda. Vivo Z1 Pro mengusung konfigurasi 16MP + 8MP + 2MP, sedangkan Vivo S1 menggunakan susunan 16MP + 8MP + 5MP.

Penyimpanan Internal

Vivo Z1 Pro dibekali dengan memori internal berkapasitas 64GB. Vivo S1 lebih unggul dengan kapasitas memori internal dua kali lebih besar, yakni 128GB. Keduanya sama-sama dibekali slot microSD untuk ekspansi memori eksternal.

Baterai

Vivo Z1 Pro dibekali baterai berkapasitas 5.000mAh, sedangkan Vivo S1 tertanam baterai berkapasitas 4.500mAh. Keduanya sama-sama dibekali fitur Dual Engine fast charge dengan daya maksimal 18W.

Sensor Sidik Jari

Vivo Z1 Pro dibekali sensor sidik jari yang tersemat di belakang bodi. Vivo S1 lebih canggih dengan sensor sidik jari di bawah layar atau under display fingerprint sensor.

Bagi konsumen yang menginginkan performa yang lebih tinggi dengan kemampuan gaming andal, Vivo Z1 Pro bisa jadi pilihan yang tepat. Sedangkan konsumen yang membutuhkan memori internal, layar lebih cemerlang, dan sensor sidik jari di bawah layar, dapat memilih Vivo S1.


Baca juga artikel terkait HARD NEWS atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight