STOP PRESS! Indonesia Berniat Beli Pesawat Amfibi dan Helikopter Rusia

Yusril Siap Dampingi Terduga Makar

Reporter: Ign. L. Adhi Bhaskara
02 Desember, 2016 dibaca normal 0:30 menit
Yusril Siap Dampingi Terduga Makar
Yusril Ihza Mahendra menyampaikan pidato politik pada acara pelantikan dan deklarasi jaringan relawan pendukung, Duta Yusril, di GOR Jakarta Timur, Jakarta, Jumat (16/9). ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf.
tirto.id - Sesaat setelah ditangkapnya sejumlah figur atas dugaan makar, pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra menyatakan siap untuk mendampingi mereka sebagai kuasa hukumnya.

"Saya barusan bicara via telpon dg Bu Ratna Sarumpaet. Beliau dijemput polisi di Hotel Sari Pasifik, dibawa ke markas Brimob Kelapa Dua," kata Yusril dalam akun sosial medianya, Jumat (2/12/2016). "Saya katakan kepada Bu Ratna saya dampingi beliau sebagai lawyer, begitu juga tokoh2 lain yang diambil polisi pagi ini."

Ia mengatakan, Ratna memang akan dimintai keterangan karena polisi menemukan bukti bahwa ia dan beberapa figur lainnya yang ditangkap akan melakukan tindakan makar. Namun demikian, Yusril mengaku belum dapat berkomunikasi dengan figur lain yang ditangkap seperti Kivlan Zen, Adityawarman Taha, Jamran, Hatta Taliwang, dan Sri Bintang Pamungkas.

"Saya akan bela mereka karena saya yakin mereka memperjuangkan sesuatu yang mereka anggap benar, sah dan konstitusional," tegas Yusril.

Sebelumnya, sejumlah delapan orang diamankan oleh Kepolisian Republik Indonesia, termasuk politisi Rachmawati Soekarnoputri. Hal itu disampaikan oleh Kadivhumas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar, Jumat, di Jakarta. 

"Sedang dalam pemeriksaan Polda Metro [Jaya]," kata papar Irjen Boy seperti diberitakan kantor berita Antara.

Berlatar belakang artis, purnawirawan TNI, aktivis dan politisi, mereka ditangkap dengan berbagai macam dugaan tuduhan, antara lain penghinaan penguasa, makar dan melanggar UU Informasi, dan Transaksi Elektronik (ITE). 

(tirto.id : ign/ign)

Keyword