YG Treasure Box: Cara YG Entertainment Bentuk Boy Group Baru

Oleh: Maria Ulfa - 11 Januari 2019
Dibaca Normal 2 menit
Trainee yang ikut berpartisipasi dalam YG Treasure Box dibagi menjadi 4 tim.
tirto.id - YG Entertainment, salah satu label musik raksasa di Korea Selatan memiliki program "YG Treasure Box”, acara survival trainee untuk membentuk boy group baru yang akan didebutkan pada 2019.

Episode pertama YG Treasure Box telah tayang di akun YouTube dan V Live milik YG Treasure Box, serta di channel TV JTBC2 pada 16 November 2018, dan kini telah selesai menayangkan episode ke-8 pada 4 Januari 2019 lalu.

Trainee yang ikut berpartisipasi dalam acara ini dibagi menjadi 4 tim, yaitu tim A, B, C dan tim J. Tim J merupakan trainee YG Entertainment yang berasal dari Jepang dan terdiri dari Kotaro, Mashiho, Mahiro, Asahi, Yoshinori, Haruto, serta Keita.

Sementara tim A terdiri dari Bang Yedam, Kim Do Youn, Lee Byoung Gon, Kim Seung Hun, Choi Hyun Suk, Kim Jun Kyu, dan Lee Midam. Member tim B adalah Kil Do Hwan, Kim Sung Yeon, Yoon Jae Hyuk, Jang Yun Seo, Park Ji Hoon, Ha Yoon Bin, Wang Jyun Hao, dan Kang Seok Hwa.

Sementara tim C beranggotakan Kim Yeon Gue, Kim Jong Soeb, Yun Si Yun, So Jung Hwan, Jung Jun Hyuk, Lee In Hong, dan Park Jeong Woo.

Jumlah total trainee yaitu 29, tetapi di awal acara, Lee Midam salah satu member dari tim A tiba-tiba meninggalkan acara karena alasan pribadi, sehingga ketika acara ini berlangsung, terdapat 28 trainee yang masih berkompetisi di YG Treasure Box.

Untuk kali ini, Yang Hyun Suk selaku produser utama, mengatakan ada sistem baru yang akan ia gunakan untuk memilih trainee, selain melihat bakatnya, Yang Hyun Suk juga akan menilai visual para member-nya.

“Mereka yang memiliki visual yang tampan dan berbakat ada sebanyak ini? Membuat grup seperti ini adalah tujuan saya,” ujar Yang Hyun Suk pada preview untuk episode pertama, seperti dikutip dari laman resmi YG Life.

YG Entertainment memang dikenal sebagai perusahaan yang tidak begitu mempertimbangkan visual para membernya ketika membentuk sebuah boy group atau girl group.

Seperti acara survival "BIGBANG Documentary", "Who is Next", dan "Mix and Match" sebelumnya yang digunakan untuk membentuk boy group seperti BIGBANG, WINNER, dan IKON, YG Entertainment hanya akan melihat pada bakat mereka, dan visual akan dikesampingkan.

Akan tetapi kali ini berbeda, terdapat pertimbangan tertentu dari YG Entertainment setelah melalui 22 tahun kariernya di industri hiburan Korea Selatan. Trainee yang dipilih akan berdasarkan visual dan bakat dan trainee yang tidak memiliki kemajuan selama acara terpaksa harus dieliminasi.

Untuk babak eliminasi pertama, trainee yang akhirnya terpaksa pulang pada misi 1:1 adalah Mahiro (tim J), Wang Jyun Hao (tim B), Kotaro (tim J), Lee In Hong(tim C), Asahi (tim J), Kim Yeon Gue (tim C), Kim Jong Seob (tim C), dan Yoshinori (tim J), dan menyisakan 20 trainee yang akan berkompetisi untuk babak selanjutnya.

Sampai kini, jumlah member yang akan didebutkan melalui YG Treasure Box belum pasti. Awalnya YG berencana mendebutkan 5 member saja, tetapi baru-baru ini YG Entertainment membuka sesi voting penggemar untuk menentukan siapa saja trainee yang harus debut.

Pada laman resmi YG Treasure Box, YG hanya memperbolehkan penggemar melakukan voting terhadap 7 trainee, yang membuat penggemar berspekulasi YG akhirnya menentukan 7 trainee-lah yang akhirnya akan didebutkan.

Akan tetapi, tidak sedikit penggemar yang menginginkan YG Entertainment untuk mendebutkan setidaknya 9 member, mengingat banyak trainee yang dinilai memiliki bakat.

Episode ke-9 YG Treasure Box akan kembali tayang malam ini, Jumat(11/1/2019) dengan preview yang memperlihatkan produser utama, yaitu Yang Hyun Suk mengatakan akan mengeliminasi 9 trainee dari 20 trainee yang ada pada babak tersebut. Artinya YG akan menyisakan 11 trainee untuk babak final.

YG Treasure Box akan memiliki 10 episode dan tayang di channel V Live YG Treasure Box pukul 22.00 KST, atau pukul 20.00 WIB. Selain itu, YG Treasure Box juga akan tayang di akun YouTube resmi YG Treasure Box dan channel TV kabel JTBC2 pukul 24.00 KST, atau pukul 22.00 WIB.


Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Musik)


Penulis: Maria Ulfa
Editor: Dipna Videlia Putsanra