Yang Paling Kaya di Jagat Komik

Oleh: Arman Dhani - 22 September 2016
Dibaca Normal 2 menit
Perdebatan siapa yang lebih kaya daripada Toni Stark dan Bruce Wayne bisa memicu perkelahian. Mungkin ini konyol, tapi bagi para penggemar berat komik-komik DC atau Marvel, ini perkara gengsi dan kehormatan. Sebenarnya karakter mana yang paling kaya dalam komik DC dan Marvel?
tirto.id - Jika ingin jadi manusia super tapi tak punya kekuatan luar biasa, Anda bisa mengubah diri menjadi superhero atau penjahat super. Anda bisa membangun teknologi exoskeleton yang membuat 100 kali lebih kuat. Jika punya uang lebih banyak lagi, Anda bisa menambahkan tenaga nuklir, peralatan komputer, alat transportasi tercanggih, atau bahkan satelit. Sulit atau tak masuk akal? Tidak, jika Anda penggemar komik.

Beberapa superhero yang ada dalam komik tidak dilahirkan dengan kemampuan super. Mereka bukan alien digdaya macam Son Go Ku atau Clark Kent. Atau manusia dengan kelainan genetis seperti Peter Parker, si Manusia Laba-laba. Mereka juga tak punya kemampuan supranatural seperti Doctor Strange atau Constantine. Mereka hanya manusia biasa.

Lalu apa yang harus dilakukan jika ingin jadi pembela kebenaran atau ingin jadi pahlawan? Jika Anda melarat dan tak punya apa-apa seperti Dave Lizewski, Anda bisa menjadi Kick-Ass dengan banyak berlatih.

Jika Anda punya uang, tentu lain ceritanya. Jacob Davidson, editor Time, menuliskan lima superhero terkaya dalam komik. Beberapa di antaranya merupakan mutan dengan kekuatan khusus, sementara sisanya adalah manusia biasa yang jadi superhero berkat uang yang mereka miliki. Dengan uang itu manusia biasa ini bisa membeli teknologi dan segala benda yang bisa dimanfaatkan untuk menyelamatkan umat manusia. Nah, para superhero inilah yang bisa Anda tiru.

Superhero terkaya nomer lima versi Time adalah Emma Frost dengan perkiraan kekayaan $1-3 miliar. Ia merupakan CEO dari perusahaan multinasional bernama Frost International yang bergerak dalam bidang elektronika. Frost sendiri bisa mengubah tubuhnya menjadi berlian, selain tentu saja kekuatan telepati. Dalam satu episode, Emma Frost menyediakan satu pulau sebagai tempat para mutan. Harga sebuah pulau dengan segala teknologi untuk membantu X Men ini tentu saja tak murah.

Jika Anda penggemar berat X Men, Anda tentu mengenal Profesor X. Ia membangun sekolah bagi para mutan lengkap dengan guru pengajar, fasilitas pendidikan terbaik, dan mereka yang dewasa bisa bergabung dengan tim X-Men. Profesor X juga membangun sebuah bilik rahasia bernama Cerebro yang digunakan untuk mendeteksi mutan lain di seluruh dunia dan manusia. Pada salah satu film X Men, Cerebro pernah dicoba dipakai untuk menghapus seluruh umat manusia. Selain Cerebro, ada juga ruang latihan untuk para X Men dan pesawat tempur mereka. Kekayaan Charles Xavier si Profesor X, diperkirakan Fortune mencapai $3,5 miliar.

Batman adalah manusia purna lain. Ia bukan mutan, bukan alien, bukan penyihir, bukan monster, dan yang jelas bukan robot. Batman menjadi manusia super karena kegigihannya. Ia detektif terbaik di dunia, mengalahkan seluruh tim Justice League, menghajar Superman berulang kali, memukul Dewa Orion, dan tentu saja menghajar habis Darkseid, salah satu supervillain terkuat dalam DC. Semuanya, tentu saja dilakukannya dengan bantuan teknologi.

Kekayaan Bruce Wayne hanya sebesar $9,2 miliar. Meski di dunia nyata kekayaannya kalah jauh dari Bill Gates atau Steve Jobs, pundi-pundi itu bisa memberikannya kelas bela diri terbaik, pengetahuan kimia, fisika, kedokteran, biologi, dan tentu saja superkomputer. Tapi tunggu dulu. Itu belum termasuk kekayaan perusahaannya. Wayne Enterprises yang bergerak dalam bidang teknologi dan persenjataan berpenghasilan tahunan sebesar $31,3 miliar. Nilai total asetnya bisa mencapai ratusan miliar dolar jika dihitung sejak ayah Bruce Wayne masih hidup.



Di atas Wayne, masih ada Tony Stark. Si jenius playboy penggila teknologi ini merupakan pemilik dari Stark's Industries: perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi dan tentu saja militer. Kekayaan pribadinya mencapai $12,4 miliar. Ia bisa membuat puluhan armor Iron Man mulai dari Hulkbuster sampai dengan armor khusus menyelam. Tapi perusahaan Stark hanya bernilai $20,3 miliar, membuatnya kalah dari Wayne dalam hal pundi perusahaan.

Lantas, siapa superhero terkaya baik dalam DC ataupun Marvel?

Ia adalah Black Panther, raja agung T'Challa dari Kerajaan Wakanda. Sebagai raja dari kerajaan dengan teknologi maju, ia memiliki cadangan logam termahal dunia yang disebut Vibranium. Satu gram Vibranium bernilai $10.000 dan seluruh aset Vibranium di Wakanda punya nilai lebih dari $90 triliun. Selain Vibranium, Wakanda dikenal sebagai negara dengan kualitas pengetahuan terbaik di dunia. Mereka punya teknologi terbaru, kesehatan maju, dan aset hutan yang luas. Ini membuat T'Challa menjadi raja dengan kekayaan yang mengalahkan PDB seluruh dunia.

Bagaimana, Anda tertarik menjadi superhero yang superkaya?

Baca juga artikel terkait HOBI atau tulisan menarik lainnya Arman Dhani
(tirto.id - Hobi)

Reporter: Arman Dhani
Penulis: Arman Dhani
Editor: Maulida Sri Handayani