Xupermask: Masker Wajah Canggih Dibekali Earphone

Oleh: Shanti Dwi Jayanti - 8 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Xupermask adalah masker yang dibekali dengan cahaya LED hingga earbud dengan teknologi noice-canceling.
tirto.id - Masker wajah berteknologi tinggi dibesut oleh pentolan Black Eyed Peas, Will.i.am. Dinamakan Xupermask, masker ini tak hanya menjadi alat pelindung diri saja namun juga mengetengahkan desain dan kegunaan.

Xupermask dibekali dengan cahaya LED hingga earbud dengan teknologi noice-canceling (peredam bising). Sebuah microphone dan konektivitas Bluetooth 5.0 turut hadir di dalamnya. Dikutip dari Cnet, masker ini juga memiliki 3 kipas untuk ventilasi dan penyaring HEPA yang bisa diganti setiap 30 hari.

Wajar jika masker ini dijuluki masker super. Dalam pembuatannya, Will.i.am bekerja sama dengan Honeywell, sebuah perusahaan yang berpengalaman dalam peralatan pelindung diri dan pembersih udara.

Will.i.am mengatakan, masker ini akan tersedia untuk konsumen layaknya sepasang sepatu Air Jordan bagi para sneakerhead. "Masker seharusnya memiliki bentuk perhatian yang sama pada detail, kecintaan dan kepedulian dimana Anda tidak mengorbankan estetika demi menjaga Anda dan orang lain tetap aman," ujar musisi ini pada CNBC.

Untuk mendapatkan desain masker tersebut, Will.i.am mempercayakannya pada Jose Fernandez, seorang seniman di Ironhead Studio. Sebelumnya, Jose juga menggarap desain masker untuk Spiderman, Black Panther dan Tron. Ia jugalah yang merancang seragam untuk kru roket Falcon 9 hingga kostum untuk duo musisi Daft Punk.

Diklaim, masker ini juga memudahkan dalam bernafas dengan adanya penyaring HEPA. "Xupermask ini memiliki desain penyaring yang unik dan kami bangga membawa penyaring unggulan tersebut tanpa mengorbankan kegunaan atau fashion," tambahnya.

Pengguna nantinya butuh melakukan charging pada masker ini. Baterainya dilaporkan tahan hingga 7 jam dan proses pengisian daya juga bisa dilakukan saat masker dipakai.

Xupermask yang terinspirasi dari film sci-fi ini akan dijual dengan harga retail USD 299. Engadget melaporkan, masker akan dijual pada 8 April di Amerika Utara dan Eropa melalui website dan hadir dalam dua warna yakni hitam dan putih.

Will.i.am sendiri meski terkenal di industri musik, namun ia kerap terjun di ranah teknologi. Ia pernah merilis smartwatch, aksesoris iPhone dan earbud. Perusahaan miliknya yakni 1.am+ juga telah mengakuisisi pembuat smart home hub dan pernah mencoba membeli startup earphone nirkabel bernama Earin kendati akhirnya gagal.


Baca juga artikel terkait XUPERMASK atau tulisan menarik lainnya Shanti Dwi Jayanti
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Shanti Dwi Jayanti
Penulis: Shanti Dwi Jayanti
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight