Xiaomi Rilis Mi Band 4 dengan Dukungan NFC dan Asisten Suara

Oleh: Ibnu Azis - 11 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Spesifikasi Mi Band 4 tersedia dalam dua varian, yakni reguler dan NFC, dibanderol dengan harga mulai Rp300 ribuan.
tirto.id - Xiaomi memperkenalkan wearable device terbarunya, Mi Band generasi ke-4, dalam sebuah acara peluncuran di Cina, Selasa (11/6/2019). Penerus Mi Band 3 ini dibekali konektivitas near-field communication (NFC) dan voice assistant.

Mi Band 4, sebagaimana diwartakan Android Police, memiliki dimensi tak jauh berbeda dari pendahulunya, namun sedikit lebih besar di bagian layarnya, dengan diagonal 0,95 inci. Masih di bagian panel, Mi Band 4 menggunakan tipe AMOLED yang menampilkan warna lebih kaya dan lebih cerah.

Untuk ketahanan, masih sama dengan pendahulunya, dibekali kemampuan 5ATM water resistance yang memungkinkan untuk diajak 'berenang' dengan kedalaman hingga 50 meter. Perangkat yang dipakai di lengan ini dilengkapi sensor enam sumbu yang memungkinkan pelacakan gerakan untuk berlari, berjalan, bersepeda, berenang, termasuk memonitor tidur penggunanya.

Layar 0,95 inci di Mi Band 4 memiliki resolusi 120 x 240 piksel dan melengkung di bagian tepinya berkat 2.5D glass. Wearable device ini dibekali 77 tema dan 8 bands untuk kustomisasi termasuk bands eksklusif bertema Avengers yang tersedia terbatas.


Melansir GSM Arena, salah satu peningkatan di Mi Band 4 ini adalah dukungan asisten suara berbasis AI, yang memungkinkan penggunanya untuk mengontrol peralatan IoT melalui perintah suara serta perangkat pintar lain yang kompatibel. Sementara untuk NFC, menawarkan kemudahan akses ke pembayaran digital, seperti kartu transportasi umum, termasuk pairing ke smartphone lebih cepat.

Mi Band 4 yang juga mendukung Bluetooth 5.0, diklaim Xiaomi mampu menyala selama 15 hari untuk varian dengan NFC, sedangkan 20 hari untuk varian reguler. Perangkat ini ditawarkan ke pengguna dalam lima varian warna, yakni Black, Brown, Blue, Orange, dan Pink.

Mengenai harga, Mi Band 4 reguler dibanderol 24 dolar AS atau setara Rp314 ribu, sedangkan untuk varian NFC ditawarkan dengan harga 33 dolar AS atau setara Rp469 ribu. Sementara untuk versi terbatas dengan bands Avengers, varian ini dibanderol 50 dolar AS atau setara Rp710 ribu (kurs Rp14.218).

Mi Band 4 sudah dapat dipesan di Cina mulai hari ini sedangkan untuk ketersediaan pasar internasional akan diumumkan Xiaomi dalam waktu dekat.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH