Xiaomi Redmi 5A Diklaim Sebagai Smartphone Terbaik di Kelasnya

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 20 Desember 2017
Dibaca Normal 1 menit
Didukung oleh prosesor Qualcomm® Snapdragon™ 425 quad-core, Redmi 5A memberikan kinerja yang cepat dan mulus.
tirto.id - Hari ini secara resmi perusahaan ponsel Cina Xiaomi meluncurkan Redmi 5A di Hotel Ritz Carlton, Jakarta yang langsung dilakukan oleh sang Chief Executive Officer, Lei Jun.

Dari rilis yang diterima Tirto, Redmi 5A dibanderol dengan harga Rp999,000, Redmi 5A yang berukuran 5 inci tampil dengan metallic matte finish dan beragam fitur berkualitas tinggi yang belum pernah ditemukan di kategori ini, termasuk slot kartu microSD terpisah untuk memperbesar kapasitas penyimpanan, kamera utama 13MP dan baterai 3000mAh yang tahan lama.

Harga ini ditetapkan untuk menggebrak pasar entry-level smartphone di Indonesia dimana smartphone lain dengan spesifikasi serupa dijual dengan rata-rata harga Rp1,5 juta. Dengan dukungan kerjasama Lazada, Qualcomm, Indosat, dan Erajaya, harga jual di Indonesia menjadi yang terendah dibandingkan seluruh pasar Xiaomi lainnya, termasuk Cina.

Didukung oleh prosesor Qualcomm® Snapdragon™ 425 quad-core, Redmi 5A memberikan kinerja yang cepat dan mulus. Smartphone ini mendukung penggunaan dua SIM card 4G ukuran nano secara bersamaan dan microSD card hingga 128GB. Redmi 5A menampilkan layar HD 5 inci dengan baterai tahan lama 3000mAh yang dapat bertahan hingga 8 hari dalam kondisi standby.

Redmi 5A dilengkapi dengan kamera utama 13MP dan Phase Detection Autofocus (PDAF) untuk mempercepat waktu fokus dan apartur f/2/2 yang menjamin kejernihan gambar yang tinggi. Smartphone ini juga memiliki kamera depan 5MP dengan apartur f/2.0 yang hadir dengan mode Beautify milik Xiaomi untuk selfie yang bagus.

Ponsel ini merupakan produksi lokal pertama di Indonesia yang sudah menjalankan MIUI 9, versi terbaru dari sistem operasi berbasis Android besutan Xiaomi. Didesain untuk bekerja dengan sangat cepat, MIUI 9 juga hadir dengan fitur-fitur seperti split screen, yang memungkinkan pengguna untuk melihat dua aplikasi di saat yang sama dan smart photo editing yang dapat digunakan untuk mengeluarkan objek yang tidak diinginkan dalam foto secara instan.

Jika dibandingkan dengan ponsel dari merk pesaing seperti Oppo dan Vivo dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda, Redmi 5A masih lebih unggul dari segi harga.

Oppo A37 misalkan, dibekali layar berukuran 5 inci dengan pilihan dual sim dan kamera utama 8 megapiksel dibanderol seharga Rp1,7 juta. Sedangkan kompetitor Vivo V3 ponsel berlayar 5 inci ini dengan kamera depan beresolusi 8 MP beserta kamera belakang 13 MP dan prosesor Snapdragon 616 Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53 dibanderol dengan harga lebih tinggi yaitu Rp2 juta.

Xiaomi Redmi 5A sudah bisa dibeli secara online mulai tanggal 27 Desember tepat pukul 11.00 WIB dan berlanjut pada gerai-gerai remi Xiaomi serta Indosat Ooredoo.

Paket bundling pasca bayar tersedia di gerai Indosat Ooredoo, Erafone dan Authorized Mi Store, sementara paket bundling pra bayar tersedia secara online di Lazada.co.id.


Baca juga artikel terkait XIAOMI REDMI 5A atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Teknologi)

Reporter: Yandri Daniel Damaledo
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Yandri Daniel Damaledo