Wuling Hanya Bisa Dipesan Melalui Inden Selama 1 Bulan

Oleh: Damianus Andreas - 11 Agustus 2017
Dibaca Normal 1 menit
Konsumen tidak bisa langsung mendapatkan unit dari Wuling Motors, tetapi harus melalui proses inden yang membutuhkan waktu hampir 1 bulan.
tirto.id - Wuling Motors mengklaim telah siap memasarkan tiga varian produk pertamanya, yakni Confero, Confero S tipe C, dan Confero S tipe L. Bahkan menurut After Sales Director Wuling Motors, Taufik Arief, mereka telah berencana membuka 50 gerai resmi di seluruh Indonesia hingga akhir tahun ini.

Berdasarkan pantauan Tirto di perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, jumlah pengunjung yang mampir ke booth Wuling Motors cukup banyak. Dari sejumlah orang yang Tirto mintai tanggapannya, pengunjung mengaku penasaran dengan merk mobil asal Cina tersebut.

Namun, karena Wuling Motors masih tergolong baru dalam industri multi purpose vehicle (MPV) tanah air, maka konsumen tidak bisa langsung mendapatkan unit yang dikehendaki, tetapi harus melalui proses inden terlebih dahulu.

“Proses pengirimannya memerlukan waktu 2-3 minggu untuk bisa sampai ke konsumen. Untuk pengirimannya sendiri dilakukan langsung oleh gerai resmi kami,” ungkap Vice President of Vehicle, Sales, and Marketing Wuling Motors, Cindy Lai, di ICE BSD City, Tangerang Selatan, Kamis (10/8/2017) siang.

Adapun waktu pengirimannya ditargetkan dapat dimulai pada akhir Agustus ini hingga awal September mendatang.

Pernyataan Cindy itu diperkuat oleh After Sales Director Wuling Motors, Taufik Arief yang menyatakan bahwa inden memerlukan waktu selama 1 bulan. “Untuk proses pengirimannya normal saja,” kata Taufik kepada Tirto melalui pesan singkat, Jumat (11/8/2017).

Pada dasarnya, tidak mengherankan apabila proses pengiriman unit mobil baru bisa dilakukan mulai akhir bulan ini. Pasalnya jika merunut pernyataan Cindy, pengiriman unit akan dilakukan oleh gerai resmi mereka. Sementara gerai Wuling Motors sendiri baru akan dibuka mulai bulan ini.

“Kira-kira separuhnya (dari 50 gerai) sudah ready. Cuman kita memang belum ada launching date untuk dealer. Hanya saja memang sudah direncanakan, bahwa pada bulan ini ada beberapa gerai yang mulai dibuka,” kata Taufik.

Sebagaimana diketahui, Wuling Motors adalah salah satu merk kendaraan yang menjadi sorotan dalam perhelatan GIIAS 2017. Sejak pertama kali diperkenalkan pada acara Pekan Raya Jakarta 2017 lalu, Wuling Motors mengklaim setidaknya sudah ada 800 pemesanan yang dilakukan sampai 2 Agustus lalu.

Apabila inden untuk pembelian unit Wuling Motors memerlukan waktu rata-rata sebulan lamanya, maka Mitsubishi Xpander yang juga menjadi sorotan dalam ajang GIIAS 2017 baru bisa dikirimkan pada Oktober mendatang.

Lamanya waktu pengiriman tersebut rupanya bisa menjadi bumerang bagi Mitsubishi, karena tidak sedikit peminat Xpander yang berpikir ulang dengan kesiapan stok unit tersebut.

“Hampir pasti akan beli, tapi sayang indennya lama,” kata salah seorang pengunjung bernama Usman kepada Tirto pada Jumat (11/8).

Baca juga artikel terkait GIIAS 2017 atau tulisan menarik lainnya Damianus Andreas
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Damianus Andreas
Penulis: Damianus Andreas
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight