Wrapped 2022: Panduan Lengkap dan Berbagai Fitur Barunya

Penulis: Siaran Pers, tirto.id - 30 Nov 2022 21:00 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Spotify juga semakin mengembangkan konten story berbasis data serta playlist yang dikurasi secara khusus.
tirto.id - Seperti tahun-tahun sebelumnya, Spotify kembali meluncurkan Spotify Wrapped! yang merupakan rekap personalisasi kegiatan selama setahun bagi para pengguna. Wrapped menunjukkan kebiasaan unik dari 456 juta pengguna Spotify dalam mendengarkan audio. Mulai 1 Desember 2022, seluruh pengguna dapat mengakses pengalaman Wrapped 2022 personal mereka secara eksklusif melalui versi terbaru aplikasi Spotify (8.7.87 di iOS dan 8.7.86 di Android).

Cara Mengakses Wrapped 2022

Masuk ke aplikasi Spotify atau kunjungi spotify.com/wrapped. Pilih spanduk “Your 2022 Wrapped” pada beranda aplikasi. Sebagai alternatif, ketik “Wrapped” pada bilah pencarian, dan Wrapped 2022 akan muncul di paling atas.


Setelah masuk, pengguna akan menemukan konten story "Wrapped" mereka yang berisi informasi tentang pengalaman mendengarkan. Pengalaman mendengarkan ini lagi-lagi berupa personalisasi, akan berbeda antar pengguna. Maka kamu bisa menilik artis teratasmu, lagu teratas, podcast teratas, genre, dan jumlah menit yang dihabiskan untuk menikmati konten audio sepanjang 2022. Pengguna Spotify baik premium maupun non-premium dapat membagikan hasilnya kepada teman, keluarga, serta pengikut mereka melalui platform media sosial yang ada.

Tak hanya itu, Spotify juga menghadirkan banyak konten baru. Mengusung tema bermain dan ekspresi diri, di tahun ini Spotify juga semakin mengembangkan konten story berbasis data serta playlist yang dikurasi secara khusus oleh tim editorial Spotify. Berikut ini berbagai fitur dan update terbaru di Wrapped 2022:

  • Your Listening Personality adalah cara baru yang menarik dan menyenangkan bagi penggemar Spotify untuk mengetahui kepribadian mereka berdasarkan selera musik. Kamu dapat mengetahui masuk ke dalam kepribadian yang mana dari 16 jenis Listening Personality yang dibuat oleh Spotify, berdasarkan tren mendengarkan mereka di sepanjang tahun 2022.
  • Selain itu, ada juga Audio Day, sebuah fitur interaktif yang memberikan pendengar gambaran perkembangan selera musik mereka di sepanjang hari. Dari matahari terbit sampai tenggelam, lihatlah bagaimana kamu memulai hari dan menyambut malam.
  • Selain playlist yang dipersonalisasi dan dikurasi oleh tim Editorial Spotify, Wrapped hub di dalam platform akan menampilkan merchandise dari artis yang paling banyak mereka dengarkan serta informasi event berikutnya dari artis tersebut untuk memberikan pengalaman bagi pendengar seolah menyaksikan artis favorit mereka secara langsung.
  • Tahun ini, Spotify memperluas Wrapped melalui pesan oleh lebih dari 40.000 musisi seperti Taylor Swift, Billie Eilish, J Balvin, Måneskin dan masih banyak lagi. Melalui Your Artist Messages, penggemar yang memenuhi syarat akan mendapatkan video berisi pesan terima kasih yang dipersonalisasi dari beberapa artis yang paling banyak mereka dengarkan di tahun 2022. Pada setiap video, akan diputarkan juga lagu yang paling sering didengarkan dari musisi tersebut di tahun ini.
  • Bagikan di luar Instagram! Karena kini kamu bisa membagikan hasil Wrapped juga di WhatsApp dan LINE, beserta GIF yang bertema Wrapped. Sekarang, kamu bisa bertukar hasil Wrapped lewat obrolan di chat dengan teman dan orang tersayang! Pengguna Snapchat dapat menggunakan lensa yang dipersonalisasi yang mencerminkan Listening Personality-nya dan menikmati apparel khusus bertema Wrapped untuk Bitmojis.
  • Bawa Wrapped ke Metaverse! Untuk merayakan Wrapped dan musisi yang menemani kita tahun ini, Spotify akan take over Spotify Island dengan misi permainan, virtual merchandise dan photo booth dengan 12 musisi berbeda termasuk Bizarrap, Black Sherif, CRO, Doechii, Eslabon Armado, Miranda Lambert, NIKI, Stray Kids, SUNMI dan Tove Lo.
  • Sebagai bagian dari kerjasama pertama antara Spotify dan FC Barcelona, penggemar dapat menemukan video Wrapped 2022 dari beberapa pemain favorit mereka, seperti Robert Lewandowski, Alexia Putellas, Pedri, and Ansu Fati.

Kunjungi blog Spotify For the Record untuk mengetahui lebih lanjut tentang seluk beluk Spotify Wrapped tahun ini.

Baca juga artikel terkait SPOTIFY WRAPPED atau tulisan menarik lainnya Siaran Pers
(tirto.id - Hard News)

Penulis: Siaran Pers
Editor: Nuran Wibisono

DarkLight