Willie Nelson Diberi Penghargaan di Pembukaan Grammy Week 2019

Oleh: Alifa Justisia - 8 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Willie Nelson dinobatkan penghargaan oleh Recording Academy’s Engineers & Engineers Wing pada Grammy Week 2019.
tirto.id - Penyanyi sekaligus penulis lagu, Willie Nelson dianugerahi deklarasi berbingkai yang menobatkan dirinya sebagai penerima penghargaan 2019 oleh Recording Academy’s Engineers & Engineers Wing.

Acara tersebut merupakan bagian dari perayaan tahunan ke-12 P&E Wing sebagai pembukaan Grammy Week.

Acara ini rutin diadakan di auditorium kecil di Village Studios yang legendaris di Los Angeles, Amerika Serikat.

Beberapa ‘nama’ turut menghadiri acara tersebut, seperti Diane Warren, "Weird Al" Yankovic, Ziggy Marley, Lisa Loeb, Feist dan masih banyak lagi.

Ketika tiba di atas panggung untuk menerima plakat dan memberikan speech-nya, Nelson tidak banyak bertutur kata. Bahkan ia masih sempat bercanda dengan mengatakan, “Apakah ini wisuda?”

Melansir dari DFW, musisi berusia 85 tahun itu kemudian mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang pernah bekerja sama dengannya.

"Aku senang mereka menyukai ku, karena mereka benar-benar membuat ku kacau. Sekali lagi, terima kasih untuk semuanya dan aku senang berada di sini," kata Willie seperti dilansir dari CBS Local.

DFW menambahkan, sejumlah musisi seperti Kacey Musgraves, Dave Matthews dan Lukas Nelson memberi hormat kepada ‘Raja Musik Country’ Willie Nelson atas penghargaan dan pertunjukannya di panggung Village Studios.

Bahkan, Kacey Musgraves memuji-muji Nelson karena lagu-lagunya yang sangat ikonik.

”Dia memiliki kemampuan yang sangat unik sebagai pemersatu dan benar-benar menyatukan semua orang. Ia tidak seperti artis lain yang aku tahu, "katanya. “Masyarakat kalangan bawah, orang asing, para republikan, rapper, presiden. Semua orang menyukai Willie." kata Kacey, seperti dilansir dari Rolling Stone.

“Lagu-lagunya tidak akan pernah mati, sebagaimana dengan Willie Nelson yang mungkin juga tidak,” lanjutnya lagi.

Sedangkan calon peraih Grammy empat kali, Emily Lazar berkomentar kepada Billboard, “Willie Nelson adalah Willie Yang Menakutkan. Dia luar biasa. Sejak aku berusia 5 tahun, aku sudah menari-nari di ruang keluarga dengan rekaman lagu milik Willie Nelson."

Nelson dinominasikan untuk dua Grammy, ‘Best Traditional Pop Vocal Album’ untuk lagu “My Way,” yang merupakan cover dari album Frank Sinatra dan ‘Best American Roots Performance’ untuk "Last Man Standing."

Menilik sepak terjang kariernya dari situs Grammy, karier Nelson diawali dengan membentuk band bersama saudara perempuannya, Bobbie Nelson pada tahun 1973.

Band tersebut dinamakan Willie And The Family Band. Album ini melahirkan 14 lagu, termasuk "You're Never Know" yang ditulis oleh Mack Gordon dan Harry Warren, dan Irving Berlin yang menuliskan judulnya, "Nuages" yang ditulis oleh Django Reinhardt, dan karya Nelson sendiri "Is The Better Part Over."

Album ini merupakan lanjutan dari album Heroes 2012, dimana ia men-cover lagu-lagu berorientasi rock seperti Coldplay, Eddie Vedder, dan Tom Waits.

Dengan karier yang membentang lebih dari lima dekade, Nelson yang berasal dari Texas ini telah merilis 15 album terus memuncak di Top 40 pada Billboard 200, termasuk lagunya yang berjudul ‘Heroes’ yang saat itu berada di posisi 18.

Nelson telah mengumpulkan 48 nominasi Grammy dan beberapa kemenangan hingga saat ini.


Baca juga artikel terkait GRAMMY AWARDS 2019 atau tulisan menarik lainnya Alifa Justisia
(tirto.id - Musik)

Penulis: Alifa Justisia
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight