WhatsApp, Facebook dan Instagram Kini Mulai Normal

Oleh: Fahlemi Faradela - 14 Maret 2019
Sejumlah media sosial yang mengalami masalah sejak Kamis (14/3/2019) dini hari kini mulai bisa dioperasikan dengan normal.
tirto.id - Aplikasi media sosial Instagram, Facebook dan obrolan instan WhatsApp yang sempat mengalami gangguan pada Kamis (14/3/2019) dini hari tadi, kini sudah berfungsi dengan normal.

Instagram melalui akun twitternya mengkonfirmasi hal tersebut dengan mencuitkan, "Kami Kembali".

Sebelumnya, pihak Instagram juga mencuitkan soal gangguan tersebut, "Kami menyadari masalah yang memengaruhi akses orang ke Instagram saat ini. Kami tahu ini membuat frustrasi, dan tim kami bekerja keras untuk menyelesaikannya sesegera mungkin."

Cuitan itu mendapat respons dari warganet dengan 26 ribu balasan, 32 ribu retweet, dan 105 ribu tanda suka.

Melansir Antara, ada sekitar 30 ribu lebih laporan terkait gangguan di Instagram. Gangguan ini terjadi bermula pada laporan di AS, Brasil, Kolombia, sebagian negara di Eropa, serta beberapa pengguna Indonesia yang juga merasakaannya.

Para pengguna Instagram tersebut melaporkan keluhannya melalui Twitter dengan tagar terpopuler #Facebookdown dan #Instagramdown.

Melansir Express, para pengguna Instagram mengatakan mereka tidak dapat melakukan update beranda dan beberapa mendapat pesan error pemberitahuan terjadi kesalahan ketika mencoba masuk ke akun Instagramnya.

Facebook mengatakan gangguan yang terjadi ini tidak berkaitan dengan serangan DDoS atau lainnya, sebagimana dilansir Buzzfeed News.

Menurut data dari Downdetecter, laporan terkait kendala di Instagram hingga pukul 14.00 WIB mulai menunjukkan penurunan. Sementara laporan tertinggi terjadi pukul 08.00 WIB dengan 30 ribu laporan.

WhatsApp, hingga pukul 14.00 WIB tercatat hanya menerima 3 laporan. Sementara laporan terbanyak terjadi pada pukul 08.00 WIB yaitu 1,4 ribu laporan .

Sementara aplikasi Facebook, laporan mengenai gangguan mulai terjadi pada pukul 23.00 WIB dengan 11 ribu laporan, dan mencapai puncaknya pada pukul 08.00 WIB dengan 12 ribu laporan.


Baca juga artikel terkait INSTAGRAM atau tulisan menarik lainnya Fahlemi Faradela
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Fahlemi Faradela
Editor: Yandri Daniel Damaledo