WhatsApp Akan Suntik Fitur Keamanan Sidik Jari di Android

Oleh: Ibnu Azis - 11 Januari 2019
WhatsApp melepas fitur sidik jari yang dapat dinikmati oleh para pengguna Android dalam waktu dekat.
tirto.id - Pengguna WhatsApp Android akan menikmati fitur keamanan sidik jari di perangkatnya, setelah aplikasi pesan instan ini diketahui sedang mengujicobanya.

Menurut laman Android Authority melansir WABetaInfo dikutip Jumat (11/1/2019), fitur ini merupakan pengembangan dari otentikasi di iOS, yang belum dirilis final.

WhatsApp memang tak membutuhkan PIN atau password khusus, termasuk pattern, untuk membuka aplikasi itu. Pengguna membutuhkan aplikasi pihak ketiga sebagai tambahan keamanan, misalnya untuk mengunci aplikasi.

Lantas, bakal seperti apa fitur otentikasi sidik jari di perangkat Android?

Laman WABetaInfo menjelaskan, opsi keamanan fingerprint ini terletak di menu Privacy, yang bila diaktifkan, maka membutuhkan sidik jari pengguna terdaftar untuk membuka aplikasi.

Bagaimana jika perangkat yang digunakan tak mendukung fitur fingerprint?

WhatsApp akan memberikan opsi lain seturut kemampuan perangkat. Selain itu, fitur ini hanya berfungsi di perangkat Android dengan OS Marshmallow ke atas atau yang lebih baru.

Sayangnya, belum diketahui pasti kapan fitur sidik jari ini akan disuntikkan. Laman WABetaInfo hanya menyebutkan, fitur tersebut bakal hadir di pembaruan aplikasi WhatsApp Android versi 2.19.3 berikutnya.

Adapun fitur otentikasi sejenis pertama kali diuji coba WhatsApp pada Oktober 2018 lalu di perangkat iOS, melalui Touch ID dan Face ID.


Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis