Wens Manggut Terpilih Jadi Ketua Umum AMSI

Reporter: Andrian Pratama Taher - 22 Agu 2017 21:34 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Kongres AMSI (Asosiasi Media Siber Indonesia) ke-I memutuskan memilih Wenseslaus Manggut (Wens Manggut) sebagai Ketua Umum periode 2017-2020.
tirto.id - Kongres AMSI (Asosiasi Media Siber Indonesia) ke-I memutuskan memilih Pemimpin Redaksi Merdeka.com, Wenseslaus Manggut (Wens Manggut) sebagai Ketua Umum AMSI periode 2017-2020.

"Memutuskan menetapkan saudara Wensseslaus Manggut sebagai ketua amsi 2017-2020," ujar pimpinan sidang Kongres AMSI ke-I, Wahyu Dhyatmika di Hotel Akmani, Jakarta, Selasa (22/8/2017).

Wens ditetapkan sebagai Ketua AMSI setelah satu kandidat lainnya, yakni Sapto Anggoro, memutuskan mundur dari pemilihan.

Wens Manggut mengaku menerima keputusan kongres organisasinya tersebut. Pria yang sebelumnya sudah menjadi Ketua Presidium AMSI ini meminta agar semua anggota AMSI lainnya ikut berpartisipasi dalam kepengurusan organisasinya di masa depan.

Wens berharap, para anggota AMSI bisa bekerjasama untuk menjalankan organisasi tersebut. Menurut dia, pembentukan AMSI selama ini tidak lepas dari peran banyak anggotanya.

Sementara itu, Sapto Anggoro menilai Wens Manggut memiliki pengalaman yang cukup untuk memimpin kepengurusan AMSI. "Ketika dikasih tahu yang berpartner Wens dan tahu reputasinya, tampaknya cocok untuk memimpin Asosiasi ini," kata dia.

Sapto mengatakan dirinya memutuskan untuk mundur dari pemilihan karena menilai kepemimpinan Wens sudah terbukti cukup baik selama menjabat Ketua Presidium AMSI. Selain itu, dia khawatir tidak bisa membagi waktu di tengah kesibukannya yang padat.

"Saya yakin di bawah kepemimpinan Wens dan juga dukungan pengurus anggota yang lain, AMSI akan menjadi organisasi jurnalis dan perusahaan pers yang terkemuka dan terbesar di Indonesia," kata Sapto.

Kongres AMSI ke-I juga menetapkan lima anggota Badan Pengawas dan Pertimbangan AMSI, yakni Sapto Anggoro (Pemred Tirto.id), Dwi Eko Lokononto (Pemimpin Redaksi Beritajatim.com), Heri Triyanto (Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia), Iin Yumiyanti (Pemimpin Redaksi detik.com) dan Viktor C. Mambor (Penanggung Jawab Tabloidjubi.com).

Kongres tersebut juga merekomendasikan 7 nama komite etik AMSI. Ketujuh orang itu adalah Mohamad Teguh (Pemimpin Redaksi liputan6.com), Hendrayana Yahya (mantan Direktur Eksekutif LBH Pers), Eko Maryadi (pemimpin redaksi Independen.co.id) dan Bagir Manan (Mantan Ketua Mahkamah Agung RI 2001-2008 dan mantan Ketua Dewan Pers).

Selain itu, Hamdan Zoelva (mantan Ketua Mahkamah Konstitusi 2013-2015), Mahfud MD (mantan ketua Mahkamah Konstitusi 2008-2013), serta Nezar Patria (Anggota Dewan Pers). Ketujuh nama tersebut akan diminta kesediannya usai kongres berlangsung.

AMSI merupakan wadah bagi para pengelola media siber. Saat ini, AMSI sudah memiliki 300 anggota dari seluruh Indonesia.

Baca juga artikel terkait KONGRES AMSI I atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Addi M Idhom

DarkLight