Waskita Alokasikan Rp300 Miliar Untuk Pembangunan Tol

Oleh: Yuliana Ratnasari - 19 Juli 2016
Guna mendukung percepatan pembangunan jalan, PT Waskita Karya telah menyiapkan dana sebesa Rp300 miliar untuk tiga anak perusahaannya: PT Waskita Toll Road, PT Waskita Transjawa Tol Road dan PT Pejagan Pemalang Toll Road.
tirto.id - PT Waskita Karya Tbk (Persero) menyiapkan dana talangan sebesar Rp300 miliar sebagai fasilitas pinjaman untuk tiga anak perusahaannya. Alokasi dana tersebut disiapkan untuk pengadaan lahan guna mendukung percepatan pembangunan infrastruktur jalan tol.

"Dana talangan diberikan masing-masing sebesar Rp100 miliar kepada anak usaha PT Waskita Toll Road, PT Waskita Transjawa Tol Road dan PT Pejagan Pemalang Toll Road," kata Direktur Pengembangan dan SDM Waskita, dalam keterbukaan informasi kepada Bursa Efek Indonesia, Agus Sugiono, di Jakarta, Selasa (18/7/2016).

Agus menyatakan, alokasi dana talangan kepada anak usaha itu sesuai dengan Perpres No. 3/2015 yang menyebutkan bahwa pengadaan tanah untuk kepentingan umum dapat bersumber dari badan usaha yang memerlukan tanah dan dapat dibayar kembali oleh Kementerian melalui APBN.

Selain itu, sesuai Peraturan Menteri PUPR No. 18/2016 dana pengadaan tanah dapat berasal dari APBN yang dapat ditalangi terlebih dahulu oleh badan usaha.

Kepemilikan saham Waskita Karya pada Waskita Tol Road mencapai 99,99 persen, sedangkan Waskita Toll Road menguasai 99,99 persen saham Waskita Toll Road. Sementara itu, Waskita Toll Road menguasai 99,99 persen saham Pejagan Pemalang Toll Road.

"Pemberian dana talangan tersebut guna mendukung percepatan pembangunan infrastruktur jalan tol dan merupakan kegiatan usaha utama perseroan serta bukan merupakan transaksi bisnis," ujar Agus.

Selain itu, Waskita Toll Road juga telah mendapat fasilitas pinjaman jangka pendek dari PT Sarang Multi Infrastruktur (Persero) untuk membiayai dana talangan pengadaan tanah untuk tiap-tiap ruas jalan tol yang dimiliki oleh beberapa Badan Usaha Jalan Tol.

Baca juga artikel terkait BISNIS atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Bisnis)

Sumber: Antara
Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari
DarkLight