Warga Bengkalis & Rokan Hilir Sambut HUT RI Ke-73 dengan Pawai Obor

Oleh: Yantina Debora - 17 Agustus 2018
Dibaca Normal 1 menit
Pawai obor HUT Indonesia ke-73 diikuti 2.000 peserta di Bengkalis.
tirto.id - Warga Bengkalis dan Rokan Hilir menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan RI yang ke-73 dengan pawai obor.

Sebanyak 2.000 peserta di Bengkalis berkumpul di depan Wisma Sri Mahkota, Jalan Antara, Bengkalis, Kamis (16/8/2018) malam untuk semarakkan pawai obor hari kemerdekaan. Pelepasan pawai obor itu dipimpin oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin.

"Memulai dengan hal kecil, mari kita sama-sama menjalankan kewajiban dengan baik, yang masih bersekolah belajar dengan baik, yang sudah bekerja, bekerjalah dengan baik, serta tambahkan rasa iklhas di dalamnya, Insya Allah semuanya tuntas," ujar Bupati Amril usai melepas Pawai Obor.

Dikatakannya, dengan momen kemerdekaan ini, generasi muda diharapkan dapat terus menanamkan rasa nasionalisme dan menumbuhkan kebanggaan bagi negeri ini.

Bupati Amril juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memaknai hari kemerdekaan dengan menjalankan kewajiban masing-masing dengan baik.

Pawai obor sambut hari kemerdekaan ini diawali dengan 10 orang bujang dan dara Kabupaten Bengkalis di barisan terdepan, disusul rombongan Pramuka, TNI dan Polri, Satpol PP, KNPI serta Perbankan yang menyusul di bagian belakang.

Selanjutnya barisan SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA, Perguruan Tinggi, lalu rombongan dari ASN Kabupaten Bengkalis, Instansi Vertikal, Guru, serta Linmas yang mengikuti dibarisan terakhir.

Pawai obor keliling menyemarakkan peringatan HUT Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia juga dilakukan di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau.

Dandim 0321/Rohil Letkol Inf Didik Efendi selaku inspektur upacara usai melepas peserta pawai mengatakan 73 tahun Indonesia merdeka bukanlah rentang waktu yang singkat. Bila dilihat dari usia manusia seharusnya sudah usia yang matang dan bisa membawa negara ini ke arah yang lebih baik.

"Kita selaku generasi penerus ini hanya penikmat kemerdekaan. Dimana, para pendahulu kita sudah berusaha mengorbankan jiwa dan raganya untuk kemerdekaan. Sementara kita ini kan sekarang menikmati kemerdekaan. Tergantung yang namanya nikmat ini dinikmati dengan cara seperti apa, tentu membangun ke arah yang lebih baik. Intinya adalah hari ini harus lebih baik dari yang kemarin, ke depan harus lebih baik lagi dari yang sekarang," katanya.

Pawai obor kala itu diikuti ratusan peserta dari pelajar, TNI, Polri dan ASN. Sedangkan rute pawai dimulai dariJalan Merdeka, Jalan Perwira, Jalan Riau, Jalan Perniagaan, Sumatera Laut, Pahlawan dan kembali ke Jalan Merdeka.

Pawai Obor dimulai dengan rombongan TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP, disusul rombongan marching band dan pelajar.

Turut hadir dalam kegiatan itu Ketua DPRD Rohil Nasrudin Hasan serta Anggota, Kepala Kejaksaan Negeri Gaos Wicaksono, Sekretaris Daerah Surya Arfan dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah setempat.


Baca juga artikel terkait DIRGAHAYU INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora
DarkLight