Vote MAMA 2019 di Mwave Ditutup 3 Desember, Sehari Sebelum Acara

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 2 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Vote MAMA 2019 bisa dilakukan melalui laman resmi Mwave dan akun media sosial Twitter.
tirto.id - Vote MAMA 2019 melalui Mwave dijadwalkan ditutup pada 3 Desember 2019 pukul 23.59 KST. Voting MAMA 2019 untuk para nominasi telah dibuka sejak 24 Oktober 2019. Voting bisa dilakukan lewat laman resmi Mwave dan akun media sosial Twitter.

Tahun ini, MAMA 2019 atau Mnet Asian Music Awards akan digelar di Nagoya, Jepang di Nagoya Dome pada 4 Desember 2019. Acara Red Carpet akan dimulai pukul 04.00 p.m waktu setempat, dan acara penghargaan akan dimulai pukul 06.00 p.m waktu setempat.

Cara Vote MAMA 2019 di Mwave


MAMA tahun ini memiliki 18 kategori berbeda. Para penggemar bisa mendukung idola mereka dengan melakukan voting di laman resmi MAMA mulai 24 Oktober-3 Desember 2019 waktu Korea Selatan. Berikut ini adalah cara voting MAMA 2019 melalui laman resmi mereka.
  1. Kunjungi laman Mwave MAMA 2019.
  2. Log in melalui akun media sosial seperti KakaoTalk, Line, Twitter, Facebook, Weibo, WeChat, Naver, tumblr, Instagram, dan menggunakan akun Google.
  3. Setelah log in menggunakan akun tersebut, pilihlah menu “Vote”.
  4. Setelah itu, penggemar bisa memilih sebanyak 18 kategori yang tersedia. Voting terbagi menjadi dua bagian, yakni voting pada Mandatory Voting Categories (Artist of the Year, Song of the Year), dan Optional Voting Categories (kategori lainnya).
  5. Jika penggemar hanya ingin memberikan suara untuk Mandatory Voting Categories, tanpa memberikan suara untuk kategori yang lain, maka diperbolehkan. Akan tetapi, jika penggemar hanya ingin memberikan suara untuk Optional Voting Categories, tanpa memberikan voting untuk Mandatory Voting Categories, voting tidak bisa dianggap selesai.
  6. Setelah memilih semua kategori yang diinginkan, klik tombol “Voting Complete”, lalu klik “Ok” , lalu ketik ulang karakter yang tertera di laman tersebut untuk menyelesaikan proses voting.
  7. Voting hanya diperbolehkan sekali dalam sehari. Akan tetapi, penggemar bisa melakukan voting lebih dari sekali dengan menggunakan sejumlah akun yang berbeda.


Cara Vote MAMA 2019 di Twitter


Sementara itu, vote MAMA 2019 melalui akun Twitter akan ditutup pada 4 Desember 2019 waktu Korea Selatan. Untuk melakukan voting di Twitter, berikut ini cara yang harus dilakukan.
  1. Voting menggunakan akun media sosial Twitter hanya bisa digunakan untuk memilih kategori nominasi Worldwide Fan's Choice TOP 10.
  2. Penggemar hanya dapat melakukan voting dengan menggunakan akun Twitter yang terdaftar.
  3. Jika belum memiliki akun, penggemar diharuskan membuat akun Twitter. Selain itu, hanya akun publik yang dihitung sebagai suara.
  4. Setiap akun hanya diperbolehkan memberikan satu voting per hari.
  5. Penggemar hanya perlu menggunggah twit (#MAMAVOTE #namaartis), nama artis yang dimaksud adalah artis yang ditampilkan di situs web MAMA 2019. Jika postingan di luar ketentuan tersebut, maka postingan tidak akan dihitung sebagai suara.
  6. Me-retweet postingan yang valid dari akun lain juga akan dihitung sebagai suara yang sah.
  7. Beberapa tagar dari berbagai artis yang termasuk dalam satu postingan tidak akan dihitung sebagai suara.
  8. Tweet yang melanggar kebijakan dan regulasi Twitter tidak akan dihitung sebagai suara.
Suara dari penggemar, untuk kategori Artist of the Year akan digunakan sebanyak 30 persen, sedangkan untuk kategori Song of the Year, voting penggemar akan digunakan sebanyak 20 persen. Untuk kategori Worldwide Fans' Choice TOP 10, sebanyak 80 persen (60 persen laman resmi & 20 persen voting Twitter) suara penggemar akan digunakan untuk menentukan pemenang.

Daftar lengkap nominasi MAMA 2019 dapat dilihat melalui link berikut ini.


Baca juga artikel terkait MAMA 2019 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Musik)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight