Menuju konten utama
Riset

Vivo Posisi 5 Merek Ponsel Global dan Top 2 Market Share Indonesia

Vivo terus memperkuat posisinya sebagai salah satu brand teknologi smartphone terbesar secara global maupun di Indonesia.

Vivo Posisi 5 Merek Ponsel Global dan Top 2 Market Share Indonesia
Vivo Raih Posisi Top 5 di Pasar Smartphone Dunia. foto/rilis vivo

tirto.id - Vivo seturut data riset terbaru dari lembaga International Data Corporation (IDC) Indonesia menempati posisi dua untuk market share di tanah air berdasarkan pengiriman unit pada kuartal 4 2019.

Pencapaian itu disampaikan oleh Edy Kusuma selaku Senior Brand Director Vivo Indonesia melalui keterangan tertulis yang diterima Tirto di Yogyakarta, Jumat (13/3/2020).

Selain itu, Vivo juga memperkuat posisinya sebagai salah satu brand teknologi smartphone terbesar secara global.

Dalam skala lebih luas, kata Edy, data oleh Counterpoint Research untuk periode yang sama menunjukkan pula bahwa Vivo berada di posisi ke-2 untuk market share di regional Asia dan posisi ke-5 dalam peringkat brand smartphone secara global.

"Pencapaian ini terkontribusi dari visi jangka panjang Vivo dalam inovasi produk, sekaligus strategi jangkauan konsumen Vivo yang semakin diperkuat di berbagai negara, salah satunya Indonesia," imbuhnya.

Edy mengatakan perkembangan Vivo secara global terkontribusi dari strategi pencapaian konsumen yang selalu mengadaptasi tren industri dan segmentasi konsumen di setiap market termasuk di Indonesia.

"Kami bangga atas pencapaian ini dan sangat mengapresiasi dukungan konsumen setia Vivo di Indonesia. Kami siap memperkuat support system untuk dapat memberikan lebih di tahun 2020," ujarnya lagi.

Kehadiran Vivo di Indonesia yang memasuki tahun ke-6 per 2020 telah diperkuat dengan berbagai pendukung baik dari sisi produksi dengan pabrik independen Vivo, hingga layanan purnajual Vivo service center di berbagai daerah.

Dari segi produk, Vivo telah mengeluarkan berbagai seri, mulai dari Y-Series, Z-Series, S-Series, dan V-Series, termasuk vivo V19 yang baru saja diluncurkan.

Edy mengatakan kesuksesan Vivo menembus 5 merek smartphone global karena didukung oleh penyebaran produk dan penguatan positioning pasar di berbagai negara.

Penyebaran produk Vivo termasuk memasuki beberapa pasar terbesar di Asia seperti India dan Indonesia. Di Asia, data Counterpoint Technology Market Research pada Q4 2019 juga menunjukkan Vivo menempati posisi ke-2 pangsa pasar ponsel cerdas regional dengan persentase 15 persen.

Di pasar global, pengembangan teknologi terbaru seperti 5G juga diimplementasikan oleh Vivo.

Untuk 5G, Vivo telah meluncurkan berbagai produk 5G seperti iQOO Pro 5G, NEX 3 5G, dan iQOO 3 serta telah memperoleh lebih dari 50 persen pangsa pasar 5G di Cina pada Q3 2019.

Vivo juga telah menerbitkan +3.300 proposal teknologi dan 2.000 paten 5G ke Organisasi Standardisasi Internasional, 3GPP.

Baca juga artikel terkait VIVO INDONESIA

tirto.id - Teknologi
Sumber: Siaran Pers
Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH