Liga Inggris

Virgil van Dijk Raih Gelar PFA Player of The Year 2019

Oleh: Permadi Suntama - 29 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Virgil van Dijk, bek Liverpool berhasil meraih gelar Player of The Year 2018/2019 versi PFA.
tirto.id - Pemain belakang Liverpool berkebangsaan Belanda, Virgil van Dijk, berhasil meraih gelar Player of The Year 2018/2019 versi Professional Footballers Association (PFA). Kepastian ini didapatkan dalam PFA Awards di London pada Senin (29/4/2019) waktu Indonesia

"Van Dijk adalah bek keempat yang memenangkan penghargaan Pemain Terbaik PFA dan [bek] yang pertama [meraih gelar tersebut] sejak 2004/2005. Pemain Belanda [dengan tubuh] menjulang tinggi ini sangat luar biasa bagi Liverpool dalam kampanye musim ini," keterangan situs resmi PFA.

Dilangsir dari BBC, pemain yang didatangkan dari Southampton pada musim panas 2018 dengan harga 75 juta paun itu, berhasil meraih gelar yang musim lalu juga diraih oleh pemain Liverpool, Mohamed Salah. Selain itu, ia merupakan pemain belakang pertama yang meraih gelar tersebut dalam 14 musim terakhir, setelah terakhir kali John Terry, memenanginya pada 2005.

Virgil van Dijk, sendiri merupakan salah satu pemain kunci bagi Liverpool, yang sedang berusaha untuk meraih gelar Liga Inggris untuk pertama kali dalam 29 musim terakhir. Pemain timnas Belanda itu pun tak tergantikan di lini belakang Liverpool musim ini, dengan mencatat 36 penampilan dari 36 pekan di Liga Inggris. Ia mencetak 3 gol dan hanya mengoleksi 1 kartu kuning.

Van Dijk yang berusia 27 tahun mengaku terhormat dipilih sebagai yang terbaik, oleh pemain-pemain yang ia hadapi setiap minggu. Menurutnya, deretan pemain yang masuk ke dalam nominasi sama-sama memiliki kualitas luar biasa.

"Cukup sulit untuk mengungkapkannya. Saya pikir ini adalah kehormatan tertinggi yang bisa Anda dapatkan sebagai pemain, dipilih [sebagai yang terbaik] tahun ini oleh para pemain yang Anda lawan setiap minggu. Ini istimewa. Saya sangat bangga dan merasa terhormat untuk menerimanya," ungkap sang bek dikutip Sky Sports.

"Jika Anda melihat daftar [kandidat], dan kualitas pemain yang ada, sangat istimewa bahwa para pemain di Liga Inggris memilih saya [sebagai yang terbaik],” tambah jebolan akademi Willem II tersebut.

Sementara itu, kandidat kuat lain untuk meraih PFA Player of The Year 2018/2019, Raheem Sterling, tetap puas dengan hasil yang didapat. Kendati tidak terpilih sebagai pemain terbaik di Liga Inggris, winger timnas Inggris tersebut tetap di nugerahi gelar pemain muda terbaik atau PFA Young Player of the year.

"Sangat bangga dengan gelar pemain muda terbaik [versi] PFA tahun ini, dan sangat berterima kasih atas dukungan luar biasa [dari suporter, tim dan pelatih] sepanjang musim, mari kita bertanding untuk [meraih gelar] lebih banyak lagi,” kicau Raheem Sterling, di akun Twitter pribadinya @sterling7.


Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus