Virgil Van Dijk Bicara Soal Ketajaman Trio MSF Milik Liverpool

Oleh: Fitra Firdaus, Hendi Abdurahman - 31 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Hingga pekan ke-20 Liga Inggris, Sadio Mane, Roberto Firmino, dan Mohamed Salah telah menghasilkan total 28 gol bagi Liverpool.
tirto.id - Ketajaman tiga penyerang Liverpool yang diisi Sadio Mane, Roberto Firmino, dan Mohamed Salah membuat bek andalan The Reds, Virgil Van Dijk ikut berkomentar. Menurutnya, ketiga pemain tersebut sungguh menakutkan.

“Pada awal musim, orang-orang mengatakan mereka (Mane, Firmino, Salah) takkan bisa padu. Mereka fantastis. Anda lihat di pertandingan ini [melawan Arsenal] dan mereka tak dapat dihentikan. Ini menakutkan, dan saya senang melihatnya,” sebut pemain berkebangsaan Belanda itu dilansir Goal.

Trio Mane, Firmino, dan Salah total telah mengemas 28 gol alias lebih dari setengah gol yang diciptakan Liverpool hingga akhir tahun ini. Bahkan, Mohamed Salah menjadi top skor sementara dengan torehan 13 gol, bersaing bersama Harry Kane dan Pierre-Emerick Aubameyang.


Pada laga terakhirnya kala menjamu Arsenal di Stadion Anfield, ketiganya menjadi salah satu kunci kemenangan The Reds sehingga menutup tahun 2018 dengan capaian yang fantastis. Dalam 20 laga yang telah dilakoni, skuat asuhan Jurgen Klopp itu tak terkalahkan. Mereka mencatatkan 17 kali kemenangan dan tiga kali seri dengan total poin 54. Selisih 9 poin atas Tottenham di peringkat kedua.

“Kami hampir sempurna. Kami kemasukan gol. Satu, dan hanya satu-satunya. Tapi itu [melawan Arsenal] adalah kemenangan penting. Kami telah mengakhiri tahun 2018 dengan cukup baik, dan semoga kami bisa mempertahankannya,” lanjut Van Dijk.

Selain kemenangan itu, Liverpool mengakhiri 2018 dengan menorehkan 48 gol. Terbanyak kedua setelah Manchester City yang melesakkan 54 gol. Namun, dalam urusan bertahan, Van Dijk dan kawan-kawan menjadi yang terbaik. Dalam 20 laga yang telah dijalani, mereka menjadi tim dengan pertahanan tersolid lantaran hanya kebobolan delapan gol. Selisih gol mereka pun menjadi yang terdepan dengan +40.

“Keyakinan ada di sini, akan tetapi itu bisa berubah dalam beberapa pertandingan. Kami tidak akan terbawa. Kami mesti terus melakukan apa yang telah kami lakukan. Akan ada kemunduran karena itu selalu ada dalam hidup. Pertanyaannya, bagaimana semestinya Anda bereaksi. Dan sejauh ini kami melakukannya dengan cukup baik,” pungkasnya.

Pada pekan ke-21, The Reds bakal melawat ke Stadion Etihad melawan Manchester City. Duel keduanya diprediksi sengit lantaran The Citizens tengah berjuang untuk kembali ke tren positif. Setelah kalah dua kali beruntun saat melawan Crystal Palace dan Leicester City, pekan lalu mereka mampu mengandaskan tuan rumah Southampton dengan skor 1-3.


Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus & Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Fitra Firdaus & Hendi Abdurahman

DarkLight