Usai Mencoblos, Bimbim Slank Akui Sempat Kebingungan

Oleh: Dieqy Hasbi Widhana - 17 April 2019
Bimo Setiawan Almachuzi alias Bimbim, salah satu personel grup music Slank bersama istrinya Reny Setiawati dan anaknya, Mezzaluna D'Azzuri telah menggunakan hak pilihnya di TPS 031 Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan.
tirto.id - Bimo Setiawan Almachuzi alias Bimbim, salah satu personel grup music Slank bersama istrinya Reny Setiawati dan anaknya, Mezzaluna D'Azzuri telah menggunakan hak pilihnya di TPS 031 Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan.

Di TPS, Bimbim dan rombongan sempat berkerumun di dekat papan pengumuman kertas suara yang memuat nama partai. Dia mengatakan sempat kebingungan ketika diharuskan memilih calon anggota DPRD dan DPD.

"Iya sudah nyari, googling tapi rada susah, susah nyari track record-nya" ucap Bimbim saat ditanya.

Keluarga besar Slank mulai terlibat dalam kampanye Pemilu secara terbuka sejak 2014. Selain Bimbim, personel Slank lain, salah satunya Kaka (vokalis) juga terdaftar di TPS 031, namun belum terlihat hadir di lokasi.

Dalam Pilpres 2019, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin diusung oleh koalisi PDI-P, Partai NasDem, PKB, Partai Golkar, PPP, Partai Hanura, PKPI, dan PSI.

Di antara partai-partai pengusung paslon 01 tersebut, PDI-P mendapatkan 18,95 persen suara, diikuti Partai Golkar dengan 14,75 persen suara pada Pemilu 2014.

Sementara PSI dan Partai Perindo adalah dua partai baru tampil pada Pemilu 2019.

Di kubu Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, ada lima partai pengusung. Empat di antaranya sudah berpartisipasi pada Pemilu 2014, yaitu Gerindra, Demokrat, PAN, dan PKS. Satu partai lain adalah pendatang baru pada Pemilu 2019, yaitu Partai Berkarya.

Berdasarkan aturan pemilu dalam Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 pasal 222, pasangan capres dan cawapres dalam Pipres 2019 diusung oleh partai atau gabungan partai politik yang memiliki 20 persen jumlah kursi DPR atau mempunyai 25% suara sah nasional pada Pemilu 2014.

Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Dieqy Hasbi Widhana
(tirto.id - Hard News)

Penulis: Dieqy Hasbi Widhana
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight