Piala Sudirman 2023

Usai Juara Asia, Ginting Jadi Andalan di Piala Sudirman 2023?

Penulis: Oryza Aditama, tirto.id - 1 Mei 2023 09:57 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Usai sukses menjuarai BAC 2023, Anthony Sinisuka Ginting kini berpeluang menjadi andalan tim Indonesia di Piala Sudirman 2023, pada 14-21 Mei mendatang.
tirto.id - Usai sukses menjadi Juara Asia atau memenangi Badminton Asia Championship (BAC) 2023, Anthony Sinisuka Ginting kini berpeluang jadi andalan tim Indonesia di Piala Sudirman 2023, khususnya nomor tunggal putra. Sudirman Cup 2023 dijadwalkan berlangsung pada 14-21 Mei di Suzhou, Cina.

Sementara itu, dalam laga final BAC 2023 di Dubai, Uni Emirat Arab, pada Minggu (30/4/2023) tadi malam, Ginting berhasil tampil solid sepanjang laga.

Turun pada urutan match ke-4 final, Anthony Ginting sukses menyudahi perlawanan tunggal putra Juara Dunia 2021 asal Singapura, Loh Kean Yew (LKY), lewat pertarungan 2 set langsung dengan skor telak.



Dominai Ginting atas LKY sudah terlihat sejak gim pertama, ketika berhasil menutup keunggulan 21-12. Situasi tak jauh beda kembali terjadi pada set kedua. Ginting unggul cepat 13-2, usai memetik 11 angka beruntun. Pertandingan dalam durasi hanya 28 menit itu lantas disudahi lewat skor 21-8.

"Ini pastinya salah satu pencapaian terbaik buat saya, titelnya juara Asia kan besar juga. Semoga dari sini bisa membuat kepercayaan diri yang lebih lagi, lebih termotivasi lagi di pertandingan-pertandingan berikutnya," ucap Ginting usai laga, dikutip dari laman PBSI.

"Gelar ini untuk tim tunggal putra yang selama ini sudah saling dukung satu sama lain, baik di dalam maupun luar lapangan. Pelatih, bang Aboy (Irwansyah), koh Harry (Hartono) dan pelatih fisik juga. Tidak lupa untuk PBSI dan keluarga," pungkasnya.

Kemenangan Ginting sekaligus menyudahi puasa medali emas tunggal putra Indonesia di BAC, yang terakhir kali direbut Taufik Hidayat pada 2007 silam. Ini juga menjadi salah satu gelar bergengsi Anthony Ginting, selain medali perunggu Olimpiade Tokyo pada 2021 lalu.

Kini tren positif tersebut hendaknya bisa dipertahankan Ginting, ketika ia menjadi salah satu anggota tim Indonesia di Piala Sudirman 2023. Pasalnya wakil tunggal putra Merah Putih yang lain, Jonatan Christie terbilang belum menemukan kembali top performanya.

Awal tahun 2023 ini Jojo sempat memperlihatkan performa bagus ketika menjuarai Indonesia Master bulan Januari. Akan tetapi ia lantas tersingkir di babak pertama All England bulan Maret, kemudian mundur (walkover) dari BAC 2023 selepas mengalami gangguan kesehatan.

"Ke depan saya masih banyak target-target dan gelar-gelar yang ingin saya raih. Tapi balik dari sini saya ingin enjoy dulu, satu sampai dua hari, istirahat sebelum masuk lagi ke persiapan Piala Sudirman," terang Anthony Ginting soal Sudirman Cup 2023.

Tim Indonesia diharapkan mampu menyudahi puasa gelar Piala Sudirman, selepas terakhir kali menjadi kampiun pada edisi perdana 1989 silam. Ketika itu Indonesia yang juga bertindak sebagai tuan rumah, menundukkan Korea Selatan 3-2 di final.

Setelah itu tim beregu campuran Indonesia sejatinya sempat 6 kali menembus final tapi semua tak bisa dikonversi menjadi gelar juara, yakni edisi: 1991, 1993, 1995, 2001, 2005, dan 2007.

Sedangkan hasil drawing babak penyisihan Piala Sudirman 2023 menempatkan tim Indonesia di Grup B, bersama: Thailand, Jerman, dan Kanada.


Baca juga artikel terkait PIALA SUDIRMAN 2023 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Oryza Aditama
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight