Urutan Menonton Film The Transporter: dari Edisi 2002 Hingga 2015

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 18 Februari 2021
Dibaca Normal 2 menit
The Transporter memiliki empat judul film yang bisa disaksikan dengan urutan dari tanggal rilis.
tirto.id - The Transporter membawa nama Jason Statham menjadi salah satu aktor film laga yang layak diperhitungkan. Setelah seri pertama The Transporter tayang perdana pada tahun 2002, film ini lantas berkembang menjadi waralaba yang diteruskan produksinya hingga mencapai empat judul sampai saat ini.

Jason menjadi sosok Frank Martin yang bertugas sebagai kurir lepas, tetapi harus melakukan berbagai pekerjaan rumit. Ketenaran Frank Martin dalam Transporter bahkan membuatnya ikut masuk ke dalam cerita film lain.

Mengutip laman Itsastampede, karakter Frank Martin pernah menjadi cameo pada film Collateral yang debut di tahun 2004 dengan bintang Tom Cruise. Di film itu, Jason Statham menjadi "aiport man" yang tampil dalam durasi sigkat.

The Transporter diikuti pula dengan versi serialnya di televisi. Namun, dalam serial, karakter Frank Martin diperankan oleh Chris Vance. Serial The Transporter yang hadir pada tahun 2012 dan 2014 memiliki total 24 episode dengan dua musim.

Dari semua judul film Transporter, seri The Transporter Refueled adalah versi terbaru dan masuk ke penayangan bioskop paling akhir. Jika The Transporter 1-3 dibintangi Jason Statham, maka di prekuel ini karakter Frank Martin dimainkan oleh Ed Skrein.

Meskipun demikian, menonton The Transporter dari seri 1 sampai 4 secara berurutan sesuai tahun rilisnya tidak menjadi masalah. Cerita masih bisa diikuti. Berikut urutan menontonnya:

1. The Transporter (2002)

Dalam film ini, Frank Martin mendedikasikan dirinya sebagai "kurir". Dia memindahkan barang maupun manusia atas permintaan klien. Selama bekerja dia memiliki tiga aturan: tidak mengubah kesepakatan, tidak pernah tahu siapa kliennya, dan tidak pernah melihat isi paket yang dikirimkan.

Namun, suatu hari, saat tahu paket yang dikirimkannya bergerak, Frank memutuskan melanggar aturan ketiga. Dia membukanya dan melihat seorang wanita cantik yang terikat dan disumpal mulutnya. Hal ini membuat Frank harus terlibat masalah besar.

Film ini mendapatkan rating 6,8 dari 10 di IMDb. Selain Jason Statham, pemain lain yang terlibat di film ini adalah Qi Shu, Francois Berleand, dan Matt Schulze.

2. Transporter 2 (2005)

Dalam sekuel ini, Frank Martin pindah ke Miami, Florida. Frank menjadi sopir untuk keluarga Billings yang kaya. Saat Frank mengantar Jack Billings yang berusia 6 tahun, dia harus menghadapi insiden penculikan. Jack diculik dan memaksa Frank menggunakan keahlian tempurnya untuk menyelamatkan Jack.

Film ini mendapatkan rating 6,3 dari 10 di IMDb. Film berdurasi 1 jam 27 menit ini dibintangi Jason Statham, Alessandro Gassman, Amber Valletta, dan Kate Nauta.

3. Transporter 3 (2008)

Frank dalam film ini dipaksa menjadi kurir. Pasalnya, teman Frank meninggal akibat terluka dan membawa "paket" berisi wanita muda. Frank dipaksa mengambil alih pekerjaan mengantar dari majikan temannya itu.

Frank dipasangi gelang yang akan meledak jika berada lebih dari 75 kaki dari mobilnya. Dia melakukan perjalanan ke timur bersama wanita bernama Valentina itu untuk menuntaskan pekerjaan yang sangat berisiko.

Film ini memperoleh rating 6,1 dari 10 di IMDb. Selama penayangannya di seluruh dunia, jumlah pendapatan yang diraup mencapai lebih dari 108 juta AS.

4. The Transporter Refueled (2015)

Inilah prekuel dari The Transporter. Film ini menceritakan hubungan Frank dan ayahnya yang memburuk setelah pertunangan Frank dengan Anna. Adapun Anna adalah seorang femme fatale.

Sementara itu Frank, Anna, dan sahabat karibnya mengatur perampokan bank. Frank memakai keahliannya mengemudi mobil, dan bergerak lebih cepat dari gembong Rusia yang jahat.

Film ini mendapatkan rating 5,2 dari 10 di IMDb. Film berdurasi 1 jam 36 menit ini mendapatkan debutnya pada 10 September 2015. Film ini dibintangi oleh Ed Skrein, Loan Chabanol, dan Ray Stevenson.

Baca juga artikel terkait SINOPSIS FILM atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Film)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Addi M Idhom
DarkLight