Update Corona 24 Maret di Jogja: 1 Orang Positif COVID-19 Meninggal

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 24 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Jogja melaporkan kematian pertama pasien positif coronavirus COVID-19.
tirto.id - Provinsi DIY melaporkan kematian pertama pasien positif coronavirus COVID-19. Menurut data Selasa (24/3/2020) hingga pukul 12.30 WIB, jumlah pasien yang positif coronavirus COVID-19 di DIY yaitu 5 orang dengan rincian 1 sembuh, 1 meninggal, dan 3 dalam perawatan.

Satu pasien yang meninggal tersebut merupakan Guru Besar Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Iwan Dwiprahasto. Ia telah dirawat beberapa hari karena positif terinfeksi corona di RSUP dr Sardjito.

Hal ini dikonfirmasi oleh Kepala Bagian Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP dr Sardjito, Banu Hermawan. Iwan meninggal di RSUP dr Sardjito pada Selasa 24 Maret 2020 pukul 00.04 WIB di usia 58 tahun.

"Rencana jam 7 Prof Iwan diberangkatkan dari kamar forensik Sardjito," kata Banu kepada wartawan, Selasa (24/3/2020).

Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan COVID-19, Berty Murtiningsih juga membenarkan terkait dengan meninggalnya pasien positif kedua di Yogyakarta tersebut.

"Setelah kami konfirmasi ke RSUP Sardjito tentang kematian kasus positif di RSUP Sardjito adalah benar, laki laki berumur 58 tahun," kata Berty kepada wartawan.

Iwan dirawat di RSUP Sardjito lebih dari sepekan terakhir. Sebelumnya UGM mengkonfirmasi bahwa salah seorang guru besar mereka yakni Profesor Iwan Dwiprahasto terinfeksi virus Corona atau COVID-19. Ia menjadi pasien kedua di Yogyakarta yang positif terinfeksi Corona.

Hal itu dikonfirmasi langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni UGM Paripurna Poerwoko Sudarga, saat konferensi pers di RSUP Sardjito Yogyakarta, Rabu (18/3/2020).

"Dengan ini atas persetujuan keluarga atas nama rektor beliau [seorang guru besar UGM] sedang dalam perawatan karena menderita Covid-19," kata Paripurna.

UGM atas persetujuan keluarga pula waktu itu akhirnya membuka identitas Iwan ke publik untuk memudahkan pelacakan terhadap mereka yang pernah melakukan kontak langsung dengan Iwan. Hal itu guna mengantisipasi penyebaran virus Corona lebih luas.

Sementara itu, hingga hari ini, jumlah Pasien dalam Pengawasan (PDP) di DIY yaitu 86 orang, dengan rincian 5 orang positif (1 sembuh, 1 meninggal), 20 pasien negatif, 61 dalam proses uji laboratorium (2 meninggal saat dalam proses uji lab).

Masyarakat bisa memantau jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien dalam Pengawasan (PDP), dan orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Jogja melalui situs web corona.jogjaprov.go.id.

Dalam situs web tersebut, Pemerintah Provinsi DIY menyediakan data yang di-update setiap hari mengenai jumlah ODP, PDP, pasien positif, pasien sembuh, dan pasien meninggal karena virus corona COVID-19.

Selain itu dalam situs web juga disediakan call canter penanganan virus corona COVID-19 di DIY dengan menghubungi nomor 0264 555585 atau 0811 2764 800.


Baca juga artikel terkait KASUS CORONA DI INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight