Ulasan One Piece 931 Bagian 1: Sanji, Stealth Black, & O-Soba Mask

Oleh: Nurcholis Maarif - 4 Februari 2019
Dibaca Normal 2 menit
Dalam One Piece 931, Sanji berubah menjadi Stealth Black, tetapi menyebut diri sebaga O-Soba Mask.
tirto.id - Di One Piece Chapter 931 yang dirilis Senin (4/2/2019), Sanji akhirnya menggunakan raid suit Germa 66 miliknya, sehingga berubah menjadi Stealth Black. Alih-alih melabeli diri sebagai bagian dari Germa, Sanji memilih menggunakan nama lain, O-Soba Mask.

Di akhir One Piece 930, Sanji mengatakan ingin cepat-cepat mengakhiri pertarungan dengan Page One, salah satu dari enam headliner terkuat Kaido. Demi hal tersebut, dan demi menjaga agar identitasnya tidak terbongkar, Sanji menggunakan raid suit Germa 66 yang sebenarnya sangat dibencinya.

"Aku tak ingin kekuatanku datang dari ilmu pengetahuan semacam ini!" kata Sanji di Chapter 903, "Kaisar Kelima".

Sanji mendapatkan raid suit itu dar Niji, saudara kandungnya, saat hendak kabur dari kejaran Big Mom di arc Whole Cake Island.

Vinsmoke Judge, ayah Sanji merupakan pemimpin Kerajaan Germa sekaligus orang nomor satu Germa 66. Kerajaan Germa yang berasal dari North Blue, dahulunya adalah anggota Pemerintahan Dunia. Sementara Germa 66 adalah kekuatan militer di kerajaan tersebut.

Vinsmoke Judge memiliki lima anak, yang dinamai sesuai angka, Reiju (nol), Ichiji (satu), Niji (dua), Sanji (tiga), dan Yonji (empat). Dari kelimanya, hanya Sanji yang memilih keluar dari Germa 66 saat kecil, dan kelak bergabung dengan Kelompok Topi Jerami.

Kembali ke Chapter 931, Sanji enggan menggunakan raid suit Germa 66 karena kekejaman yang dibuat Germa selama ini. Namun, sikap kesatria sang koki akhirnya meluluhkan kekerasan hatinya.

"Keras kepala tidak selalu berhasil saat mencoba menyelamatkan seseorang. Jika aku membuang harga diriku (dengan menggunakan raid suit) aku mungkin bisa menyelamatkan mereka," kata Sanji, merujuk pada teman-temannya.

Di sisi lain, Sanji menggunakan nama O-Soba Mask daripada memakai nama Stealth Black sebagai bentuk ketidaksukaannya pada Germa 66. Hal ini berkaitan juga dengan pekerjaan Sanji selama menyamar di Negeri Wano, penjual mie soba.

Layak ditunggu, apa yang terjadi jika O-Soba Mask muncul di depan Luffy, sang kapten Kelompok Topi Jerami. Mungkin saja Luffy tidak sadar jika O-Soba Mask adalah Sanji, seperti dalam kasus Soge King, "pahlawan super" jelmaan Usopp.



Germa 66 dan Super Sentai
Raid suit milik Sanji adalah raid suit bernomor 3. Setelah mengenakan benda tersebut, Sanji berubah menjadi Stealth Black.

Keempat saudara Sanji tidak ada yang menggunakan kostum nomor tersebut meskipun sudah ditampilkan lebih dahulu. Reiju nomor 0 memiliki nama lain Poison Pink, Ichiji nomor 1 Sparking Red, Niji nomor 2 Electric Blue, dan Yonji nomor 4 Winch Green.

Lima karakter berubah wujud menjadi para "superhero" berwarna merah, biru, pink, hijau, dan hitam, memperlihatkan, Eiichiro Oda sang pengarang One Piece, terpengaruh pada konsep Super Sentai, atau yang di Indonesia lebih dikenal sebagai Power Rangers.

Power Rangers sendiri, dalam edisi pertamanya, adalah versi Amerika Serikat dari Zyuranger, seri Super Sentai era Heisei yang sudah dirilis pada 1992. Sementara, serial pertama Super Sentai adalah Goranger, yang dirilis pada 1975.

Kekuatan Stealth Black
Selain perubahan kostum, salah satu kekuatan yang Sanji dapat dari Stealth Black adalah kemampuan terlihat menghilang karena dapat menyesuaikan kondisi sekitar. Kemampuan menghilang atau tembus pandang merupakan kekuatan yang sangat Sanji inginkan sejak awal.

Sebelumnya Sanji menginginkan buah Suke Suke no Mi, yang membuat penggunanya menjadi tembus pandang. Sanji bertujuan untuk mengintip para gadis dengan buah tersebut.

Namun, buah dan kekuatan Suke Suke no Mi telah dimakan Absalom, anggota bajak laut Moria, dan sekarang menjadi milik Shiryu, anggota bajak laut Kurohige seperti ditampilkan di Chapter 925.

Kekuatan lain Stealth Black yang ditampilkan pada Chapter 931 adalah kostum sebagai perisai. Sanji tak merasakan sakit saat dihempaskan Page One yang sudah berubah menjadi manusia setengah dinosaurus.

Meskipun tidak ditampilkan secara ekplisit pada Chapter 931, kemungkinan Sanji dapat mudah mengalahkan Page One dengan kekuatan barunya.

Hal tersebut dapat dilihat dari Law yang segera pergi mengajak Usopp dan Franky meninggalkan arena pertarungan Sanji dan Page One karena tahu kekuatan Stealth Black dari komik yang dibacanya semasa di North Blue.

Law seolah percaya dengan Sanji akan menepati janjinya menyelesaikan pertarungan melawan Page One dengan cepat.

Dibandingkan Law, Usopp dan Franky masih terheran-heran dengan kekuatan baru Sanji. Keheranan tersebut karena mereka berdua termasuk Law tidak ikut dalam upaya penjemputan Sanji di arc Whole Cake Island.

Law, Usopp, dan Franky akan menuju kota Ebisu. Pada chapter sebelumnya kota ini digambarkan sebagai kota yang penduduknya selalu tertawa dan Zoro sedang berada di sana. Bukan tidak mungkin, ketiga orang itu akan berjumpa dengan Zoro.

Selain menampilkan kekuatan Stealth Black Sanji, One Piece 931 juga mengungkapkan kejadian Robin yang tertangkap Oniwabanshu, dan Big Mom yang jatuh pingsan hingga lupa ingatan. Dua kejadian terakhir akan dibahas pada tulisan selanjutnya.

Baca juga artikel terkait ONE PIECE atau tulisan menarik lainnya Nurcholis Maarif
(tirto.id - Film)


Penulis: Nurcholis Maarif
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Nurcholis Maarif