Uji Coba Penerbangan, Citilink Pesawat Pertama yang Mendarat di YIA

Oleh: Irwan Syambudi - 2 Mei 2019
Sebelum pendaratan, pesawat Citilink sempat memutar di udara guna mencoba sejumlah titik untuk menunggu di udara. Hal itu dilakukan sebagai uji coba.
tirto.id -
Maskapai penerbangan Citilink mendaratkan pesawatnya untuk pertama kali di Yogyakarta Internasional Airport. Pendaratan ini dilakukan dalam rangka uji coba penerbangan sebelum melakukan penerbangan komersial.

Uji coba dilakukan dengan pesawat Airbus A320 nomor penerbangan CTV3361 atau QG3361. Pesawat tersebut ditumpangi 14 orang terdiri dari teknisi, pramugari, perwakilan Kementerian Perhubungan, serta dua orang captain pilot Agus Setiono dan Teguh Kristiono.

"[Pendaratan] bagus, kondisi cuacanya juga bagus. [Pendaratan] mulus," kata Agus Setiono sesaat turun dari pesawat di Terminal Bandara YIA, Kamis (2/5/2019).

Pesawat mendarat di YIA sekitar pukul 12.00 WIB setelah terbang dari Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Agus mengatakan penerbangan memakan waktu selama 60 menit.

Sebelum pendaratan, pesawat sempat memutar di udara guna mencoba sejumlah titik untuk menunggu di udara. Hal itu dilakukan sebagai uji coba.

Di luar itu kata Agus pendaratan berjalan dengan mulus. Termasuk pengereman juga dilakukan minimal.

"Pengereman kalau di sini kan landasannya panjang jadi kita separo sudah berhenti [...] Ngerem dikit," katanya.

Agus membandingkan jika mendarat di Bandara Internasional Adisutjipto landasan lebih pendek dan hambatan lebih banyak. Selain itu kondisinya lebih ramai karena lalu lintas penerbangan cukup tinggi.

"Kalau dari sisi bandaranya [YIA] obstcle-nya sedikit enggak terlalu crowded juga. Terus permukaan landasannya juga standar internasional jadi mulus," kata Agus.

Sementara itu Pelaksana Tugas Sementara (Plts) General Manajer YIA Agus Pandu Purnama bersyukur dan bangga dengan adanya pesawat yang mendarat pertama kali di YIA.

"Dan untuk next saya kira Insyaallah sesuai keinginan dari Citilink tanggal 6 akan dimulai penerbangan," kata dia.


Baca juga artikel terkait BANDARA KULON PROGO atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight