UGM Menerima 2.060 Mahasiswa Baru Melalui Jalur Seleksi Mandiri

Oleh: Agung DH - 14 Juli 2019
UGM akan menerima 2.060 Mahasiswa Baru Melalui Jalur Seleksi Mandiri.
tirto.id - Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta bakal menerima mahasiswa baru melalui jalur mandiri dari hasil tes ujian tulis (UTUL). Untuk memudahkan calon peserta, jadwal Ujian Tulis (UTUL) UGM 2019 digelar serentak Minggu (14/7/2019) di lima kota besar yakni di Yogyakarta, Surabaya, Jakarta, Pekanbaru, dan Medan bagi 45.356 peserta.

Seleksi ini merupakan bagian dari seleksi mandiri UGM selain, Penelusuran Bibit Unggul. Sebelumnya, UGM juga telah menerima 1.728 calon mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN dan 3.131 mahasiswa lewat jalur SBMPTN.

Rektor UGM, Panut Mulyono menyatakan, UGM akan menerima 30% dari total kuota mahasiswa baru untuk program sarjana, atau sekitar 2.060 melalui seleksi mandiri.

“Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam penyelenggaraan UTUL, UGM menggandeng beberapa kampus dan sekolah sebagai tempat lokasi pelaksanaan ujian, seperti SMAN 3 Yogyakarta, SMA Stella Duce, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma, dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta,” terangnya dalam keterangan tertulis, diterima Tirto, Minggu (14/7/2019).

Materi tes tertulis pada tahun ini meliputi Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) yang terdiri atas Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris, serta Tes Kemampuan Soshum dan/atau Saintek, sesuai kelompok ujian yang dipilih. Untuk Soshum, materi yang diujikan terdiri atas Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi. Sementara untuk Saintek terdiri atas Matematika IPA, Biologi, Fisika, dan Kimia.

“Hasil tes akan diumumkan pada tanggal 23 Juli 2019 mendatang,” jelas Panut.




Baca juga artikel terkait UTUL UGM 2019 atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Pendidikan)

Reporter: Dipna Videlia Putsanra
Penulis: Agung DH
Editor: Agung DH