UGM Jalin Kerja Sama dengan Universitas Pecs Hongaria

Reporter: Yantina Debora - 8 April 2016
Fungsi Penerangan Sosial Budaya Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Hongaria Yudhi Gunawan menyampaikan bahwa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menjalin kerja sama dengan dua universitas di Hongaria yakni Universitas Pecs dan Budapest Business School (BBS).
tirto.id - Fungsi Penerangan Sosial Budaya Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Hongaria Yudhi Gunawan menyampaikan bahwa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menjalin kerja sama dengan dua universitas di Hongaria yakni Universitas Pecs dan Budapest Business School (BBS).


Kerja sama tersebut meliputi pertukaran dosen dan peneliti, pertukaran mahasiswa dan penelitian bersama. Teknis pelaksanaannya akan segera ditindaklanjuti melalui unit pelaksana di masing-masing universitas.

Bertempat di gedung KBRI Budapest, Rektor UGM Prof. Dwikora Karnita juga menandatangani perjanjian kerja sama pendidikan tinggi dengan Universitas Pecs yang diwakili Wakil Rektor Urusan Pendidikan Dr. Gyula Berke.

"Kerjasama kedua universitas tersebut menunjukkan hubungan yang erat antara kedua negara melalui sektor pendidikan tinggi," kata Duta Besar [Dubes] RI untuk Hongaria Wening Esthyprobo, seperti dikutip kantor berita Antara, Jumat, (8/4/2016).


Ia mengharapkan agar kerja sama tersebut dapat menjadi pemicu bagi peningkatan sektor pendidikan tinggi.

Wakil Rektor Universitas Pecs Dr Gyula Berke menjelaskan, Universitas Pecs sebagai universitas pertama dan tertua di Hongaria yang didirikan tahun 1367 memiliki pengalaman baik dari segi teknik pengajaran maupun penelitian.

Pengalaman tersebut dapat disalurkan untuk pengembangan dan peningkatan UGM sebagai salah satu universitas unggulan di asia bahkan di dunia.

Selain itu, UGM juga menjalin kerja sama dengan BBS yang diharapkan dapat menjadi landasan dalam penguatan kerjasama lainnya.


UGM dan BBS akan bekerja sama bidang ilmu ekonomi, bisnis dan manajemen. Inisiasi kerja sama itu diawali dengan saling tukar staf pengajar, peneliti dan mahasiswa, kemudian ditingkatkan dengan joint research serta joint publication.

Kerja sama itu ditandatangani oleh Rektor UGM Prof Dwikorita Karnawati dan Rektor BBS Prof Eva Kriszt. (ANT)

Baca juga artikel terkait BBS atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Hard News)

Reporter: Yantina Debora

DarkLight